Analisis Self-Confidence Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Risca Valerina Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Agung Prasetyo Abadi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5876

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-confidence siswa SMP pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode simple random sampling didapat sampel 42 siswa salah satu SMP di Karawang. Instrumen yang dipakai pada penelitian ini menggunakan instrumen non tes yaitu kuesioner/angket self-confidence yang terdiri dari 16 pernyataan dan terdiri dari 4 indikator. Data kemudian dihitung dengan menggunakan rumus persentase jawaban dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran persentase jawaban. persentase yang diperoleh adalah sebesar 64,88% untuk indikator percaya pada kemampuan diri sendiri, 70,83% untuk indikator bertindak mandiri dalam mengambil keputusan, 62,35% untuk indikator memiliki konsep diri positif dan 73,57% dengan indikator berani mengemukakan pendapat. sedangkan persentase rata-ratanya adalah 67,91%. berdasarkan hasil persentase rata-rata keseluruhan jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa kurangnya rasa percaya diri siswa SMP dalam pembelajaran matematika, karena sebagian besar siswa tidak memenuhi indikator self-confidence.

Keywords:

kepercayaan diri, siswa SMP, pembelajaran matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achdiyat, M., & Lestari, K. D. (2016). Prestasi belajar matematika ditinjau dari kepercayaan diri dan keaktifan siswa di kelas. Formatif, 6(1).

Agustyaningrum, N., & Suryantini, S. (2016). Hubungan kebiasaan belajar dan kepercayaan diri dengan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 27 Batam. JIPMat, 1(2).

Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156-170.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., dan Soemarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Ibrahim, M. (2018). Peningkatan kepercayaan diri siswa terhadap matematika dengan menggunakan pendekatan CTL (REACT). Jurnal Tatsqif, 16(1), 55-77.

Kasri, K. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika melalui Media Puzzle Siswa Kelas I SD. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual,, 2(3), 320-325.

Koriyah, V. N., & Harta, I. (2015). Pengaruh open-ended terhadap prestasi belajar, berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95-105.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Linda, D. P., & Sappaile, N. (2019). Hubungan Self Confidence dengan Hasil Belajar Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara.

Lubis, C. M., Rajagukguk, W., & Fauzi, K. M. A. Perbedaan Self Confidence Siswa melalui Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik dan Pembelajaran Berbasis Masalah. PARADIKMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 12(1), 14-19.

Nurialinda, N., Asyari, A. A. A., & Saam, Z. S. Z. (2015). Analisis Tentang Kepercayaan Diri Siswa Kelas 6 SD Gugus Teratai Putih Kecamatan Kubu Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Riau University).

Nurul, N., Octaviani, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 57-64.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri œX. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan, 7(1), 43-49.

Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1-14.

Sukmawati, S. (2020). Identifikasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal open ended ditinjau dari self confidence (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis kaderisasi IMM terhadap prestasi belajar mahasiswa (studi kasus di program studi pendidikan biologi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI, 2(2).

Vandini, I. (2016). Peran kepercayaan diri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Formatif, 5(3).

Downloads

Abstract Views : 416
Downloads Count: 278

Published

2023-07-10

How to Cite

Valerina, R., & Abadi, A. P. (2023). Analisis Self-Confidence Siswa SMP pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 247–254. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5876