Analisis Kecemasan Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Reni Nuraeni Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadang Rahman Munandar Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5862

Abstract

Kecemasan matematis dapat diartikan sebagai perasaan yang kurang nyaman ketika seseorang menghadapi persoalan matematika yang dianggap sulit dengan menimbulkan berbagai bentuk gejala. Siswa yang memiliki kecemasan matematis akan merasa sulit berkonsentrasi pada saat pembelajaran karena rasa takut yang sudah muncul terlebih dahulu, sehingga akan berdampak pada hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kecemasan matematis terhadap hasil belajar matematika siswa. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang dirancang untuk menjelaskan kecemasan matematis siswa ditinjau dari indikator somatic, cognitive, affective, dan mathematical knowledge. Pemilihan subyek penelitian menggunakan purposive sampling sehingga dipilih siswi kelas VIII-B MTs Al-Fathimiyah di Kabupaten Karawang tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan ialah angket kecemasan matematis siswa yang dianalisis menggunakan skala likert kemudian ditentukan persentase rata-rata jawaban siswa pada setiap indikator serta data hasil belajar matematika semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Secara deskriptif dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian kecemasan matematis siswa merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Kecemasan matematis yang semakin tinggi akan mengganggu pembelajaran siswa sehingga berdampak pada hasil belajar matematikanya.

Keywords:

analisis, kecemasan matematis, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Fani, A. A. D., & Effendi, K. N. S. (2021). Kemampuan koneksi matematis siswa ditinjau dari kecemasan belajar pada siswa smp pada materi lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(1), 137–148. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.137-148

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.28

Khoirunnisa, K., & Ulfah, S. (2021). Profil Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2238–2245. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.831

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.); 1 ed.). PT Refika Aditama.

Mulyana, A., Senajaya, A. J., & Ismunandar, D. (2021). Indikator-Indikator Kecemasan Belajar Matematika Daring Di Era Pandemik Covid- 19 Menurut Perspektif Siswa Sma Kelas X. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 14–22. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.501

Nofrialdi, I., Maison, M., & Muslim, M. (2018). Tingkat Kecemasan Matematika Siswa SMA Negeri 2 Kerinci Kelas X MIA Sebelum Menghadapi Tes Matematika Berdasarkan Gender dan Hubungannya dengan Hasil Belajar. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 11. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.248

Nuraeni, R., & Munandar, D. R. (2022). Analisis Kecemasan Matematis Siswa Kelas VIII SMP di Kabupaten Bekasi Analysis of Mathematical Anxiety of 8 th Grades Junior High School Students in Bekasi Regency. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1–9.

Nurmala, E. (2022). ANALISIS TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI ASPEK EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR. In JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA (Nomor 8.5.2017).

Putri, A., Ariyanto, L., & Aini, A. N. (2021). Pengaruh kecemasan dan self-efficacy siswa terhadap pemahaman konsep matematika SMP kelas VII tahun ajaran 2020/2021. … Nasional Matematika …, 31–36. http://conference.upgris.ac.id/index.php/senatik/article/view/1780

Saputra, P. R. (2014). Kecemasan Matematika dan Cara Menguranginya ( Mathematic Anxiety and How To Reduce It ). Jurnal Phytagoras, 3(2), 75–84.

Setiyatna, H., Julijanto, M., Surahman, S., Studi, P., Islam, P., Usia, A., & Syariah, H. E. (2022). JOTE Volume 3 Nomor 2 Tahun 2022 Halaman 200-212 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education. 3, 200–212.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dan Pembelajaran. In Alfabeta.

Supriatna, A., & Zulkarnaen, R. (2019). Studi Kasus Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 730-735. Karawang: Universitas Singaperbangsa.

Supriatna, A., Zulkarnaen, R., & Firmansyah, D. (2021). Asosiasi Kecemasan Matematis Dengan Kebiasaan Berpikir Siswa Sma. EduMatSains, 5(2), 191–202. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/edumatsains

Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.10

Wicaksono, A. B., & Saufi, M. (2013). Mengelola Kecemasan Siswa dalam Pembelajaran Matematika. November, 978–979

Downloads

Abstract Views : 475
Downloads Count: 293

Published

2023-08-04

How to Cite

Reni Nuraeni, & Munandar, D. R. (2023). Analisis Kecemasan Matematis Siswa SMP Terhadap Hasil Belajar Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 361–368. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5862