Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis

Authors

  • Tasya Aleyda Riyanto Universitas SIngaperbangsa Karawang
  • Sutirna Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5859

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan aspek yang penting dalam proses pembelajaran matematika, namun berdasarkan studi pendahuluan masih terdapat siswa yang kesulitan dalam mengaplikasikan konsep matematika dalam konteks soal yang berbeda dari sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CUPs terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan dipilih dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan VIII-1 sebagai kelas kontrol, desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan jenis posttest only non equivalent groups design, yaitu terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing diberikan perlakuan berbeda dan posttest setelah adanya perlakuan. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes (kemampuan representasi matematis) dan non-test (wawancara tidak terstruktur), dari data yang diperoleh akan diukur dengan uji statistik berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CUPs lebih baik dari pada siswa yang menggunakan konvensional. hal ini ditujukan berdasarkan uji statistik, yaitu hasil uji t posttest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 serta sikap positif siswa terhadap penerapan model pembelajaran CUPs.

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Conceptual understanding Procedures (CUPs), Konvensional

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara, Benny. 2019. “Analisis Minat Belajar Matematik Siswa Pada Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures.” Jurnal Pendidikan Matematika 1:56–73.

Anwar, Rusliansyah. 2014. “Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013.” Humaniora 5(1):97. doi: 10.21512/humaniora.v5i1.2987.

Febrianti, Vivie, and Siti Chotimah. 2020. “Analisis Kesulitan Pada Materi Statistika Kelas VIII Siswa SMP.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 3(5):559–66. doi: 10.22460/jpmi.v3i5.559-566.

Gunstone, Richard. 2002. “Teaching and Learning Physics Conceptual Understanding Procedures (CUPs) : How Do I Use a CUPs.”

Kriswinarso, Tri Bondan, Lis Sugianto, and Saiful Bachri. 2023. “Pemahaman Konsep Siswa: Eksperimen Pada Siswa SMP Dengan Pembelajaran Matematika Berbasis Kooperatif Tipe Conceptual Understanding Procedures (CUPS).” VENN: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences 2(1):10–18.

Lestari, Karunia Eka, and Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Cet. 3. edited by Anna. Bandung: Refika Aditama.

Miski, R. 2015. “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Tadbir Muwahhid 4(2):69–73.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). 2000. Principles and Standars for School Matehmatics.

Sabirin, Muhammad. 2014. “Representasi Dalam Pembelajaran Matematika.” JPM IAN Antasari 1(2):33–34.

Safitri, M. Ikhsan, and Susanti. 2020. “Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs.” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika volume 4(1).

Suparlan. 2019. “Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran.” Islamika : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan 1(2):79–88. doi: 10.36088/islamika.v1i2.208.

Downloads

Abstract Views : 95
Downloads Count: 85

Published

2023-07-28

How to Cite

Riyanto, T. A., & Sutirna, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis . Didactical Mathematics, 5(2), 314–321. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5859