Kelancaran Prosedural Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Persamaan Kuadrat

Authors

  • Ismi Nurkhasanah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Redo Martila Ruli Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5825

Keywords:

Kelancaran Prosedural Matematis, Persamaan Kuadrat

Abstract

Kelancaran prosedural matematis siswa menjadi salah satu aspek penting dalam keberhasilan belajar matematika. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kelancaran prosedural matematis yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan soal hots persamaan kuadrat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskripsi dengan subjek 32 siswa kelas IX di salah satu SMP Kabupaten Karawang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa soal hots persamaan kuadrat berdasarkan kelancaran prosedur matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa kelancaran prosedural matematis siswa SMP khususnya pada materi persamaan kuadrat tergolong sedang dan sebagian besar siswa sudah mampu memahami konsep persamaan kuadrat secara fleksibilitas dan akurasi. Keterbatasan konteks yang dipelajari siswa menjadi hal utama pada kesulitan siswa dalam penyelesaian soal hots berbentuk cerita. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa siswa SMP tersebut memiliki kelancaran prosedural matematis dalam menyelesaikan soal hots persamaan kuadrat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Addison Wesley Longman, Inc.

Anggraini, Y. P., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Bangkinang Kota. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 210. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7682

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Bahr, D. L., & Garcia, L. A. De. (2008). Elementary mathematics is anything but elementary: Content and methods from a developmental perspective. Cengage Learning. Wadsworth Cengage Learning.

Damayanti, E. (2018). Kelancaran Prosedural Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Di Sekolah Menengah Pertama. JPPK: Journal of Equatorial Education and Learning, 7.

Febriyani, A., & Rahman, H. A. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 87–100.

Hidayah, S. (2020). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 7. https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1515

Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120

Jefrizal, J., Kartini, K., & Noviarni, N. (2021). Analisis Kesalahan Konseptual, Prosedural, dan Teknis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial. Suska Journal of Mathematics Education, 7(2), 105. https://doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13593

Kilpatrick, Jeremy., Swafford, Jane., Findell, Bradford., & National Research Council (U.S.). Mathematics Learning Study Committee. (2001). Adding it up : helping children learn mathematics. National Academy Press.

Lisnani, & Pranoto, H. Y. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan Bulat Melalui Cerita Si Unyil Berbasis ICT. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 1–15.

Mariani, S. (2014). The Realistic Learning Model With Character Education And PISA Assessment To Improve Mathematics Literacy. In International Journal of Education and Research (Vol. 2, Issue 7). www.ijern.com

PPRI. (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 tahun2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Puspita, H., & Firdaus, E. (2019). Kelancaran Prosedural Matematis Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) , 1–8.

Putri, S. M., & Fuadiah, N. F. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Persamaan Kuadrat Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Silogisme , 4(1). http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme

Ramadhani, P. D. R., & Sutirna. (2022). Pengaruh Adversity Quotient terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di SMA Negeri 5 Karawang. Didactical Mathematics, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Ridia, N. S., & Afriansyah, E. A. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Auditory Intellectualy Repetition dan Student Teams Achievement Division. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Perbandingan , 8(3). http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa

Safitri, A., & Lestari, K. E. (2022). Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Siswa Berdasarkan Kemandirian Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 444–452. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1979

Sari, N., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2018). Kelancaran Prosedural Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Di Kelas X SMKN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1–9.

Zakiyah, S., Usman, K., & Gobel, A. P. (2021). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Persamaan Kuadrat. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 28–35. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10268

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Nurkhasanah, I., & Ruli, R. M. (2023). Kelancaran Prosedural Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Persamaan Kuadrat. Didactical Mathematics, 5(2), 273–281. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5825