Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis dan Self-directed Learning

Authors

  • Fadhilah Rachmawati Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Karunia Eka Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5818

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran adaptif matematis siswa yaitu kesalahan dalam mepresentasikan konsep, tidak mampu menuangkan ide matematika, keliru dalam mengenali hubungan dan pola, sehingga tidak dapat melakukan pembuktian serta menarik kesimpulan. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya kesadaran diri siswa untuk memperoleh informasi matematika secara mandiri. Salah satu faktor yang membantu meningkatkan kemampuan penalaran adaptif matematis adalah self-directed learning. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan penalaran adaptif matematis dan self-directed learning. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan soal tes berupa uraian dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistika inferensial dengan metode korelasi Kendalls Tau. Hasil penelitian dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa adanya hubungan signifikan dan kuat antara kemampuan penalaran adaptif matematis dan self-directed learning ditunjukkan dari perolehan koefisien korelasi  = 0,7168  dan besarnya hubungan antara kedua variabel tersebut sebesar 51,39%, sedangkan sisanya 48,61% dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords:

Hubungan, Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis, Self-directed Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akuba, S. F., Purnamasari, D. & Firdaus, R. (2020). Pengaruh kemampuan penalaran, efikasi diri dan kemampuan memecahkan masalah terhadap penguasaan konsep matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). 4(1), 44-60.

Ardiawan, Y., & Nurmaningsih. (2018). Kemampuan penalaran adaftif siswa SMP se-Kota pontianak. AKSIOMA : Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(1), 148–154.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2017). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Journal of Medives, 2(1), 129-136.

Heinze, J. R. & Verschaffel. (2009). Flexible and adaptive use of strategies and representations in mathematics education. Tersedia: ZDM Mathematics Education 41: 535-540 DOI 10.107/s11858-009-0214-4. Diakses pada tanggal 12 Juni 2023.

Hidayati, F & Susanah. (2017). Profil Penalaran Adaptif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa.

Indriani, T., Hartoyom A., & Astuti, D. (2017). Kemampuan penalaran adaptif siswa dalam memecahkan masalah kelas VII SMP pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2).

Junpeng, P., Krotha, J., Chanayota, K., Tang, K., & Wilson, M. (2019). Constructing progress maps of digital technology for diagnosing mathematical proficiency. Journal of Education and Learning, 8(6), 90.

Kariadinata, R. (2012). Menumbuhkan daya nalar ( power of reason ) siswa melalui pembelajaran analogi matematika. ilmiah program studi matematika STKIP Siliwingi Bandung, 1(1).

Karyadi. (2017). Peningkatan prestasi belajar melaporkan isi bacaan melalui metode diskusi. BRILLIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(1), 80–91. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.28926/briliant.v2i1.28.

Kilpatrick, J. et al. (2001). Adding it up: Helping Children Learn Mathematics. New York: McGraw-Hill. http://bookzz.org

Nurmanita dan Edy Surya. (2017). Membangun Kemampuan Penalaran Matematis (Reasoning Mathematics Ability). Research Gate. Tersedia: https://www.researchgate.net/publication/321825158. Diakses pada tanggal 28 Juni 2023

Nuridawani, Munzir, S., & Saiman. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 59-71. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/2815/2688.

Ostler, E. (2011). Teaching Adaptive and Strategic Reasoning Through Formula Derivation : Beyond Formal Semiotic. International Journal of Science Education. 4(2), 16-26

Permana, N. N., Setiani, A., & Nurcahyono, N. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran adaptif siswa dalam menyelesaikan soal higher order thinking skills (HOTS). Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 2(2), 51-60.

Ridong, Hu., & Xiaohui, Su. (2017). A Study on the application of creative problem solving teaching to statistics teaching, EURASIA Journal of Mathematics Science and Technology Education, 13(7), 3139-3149.

Samuelsson, J. (2010). The impact of teaching approaches on students’ mathematical proficiency in Sweden. International Electronic Journal of Mathematics Education, 5(2), 61–78.https://www.iejme.com/download/theimpact-of-teaching-approaches-on-students-mathematical-proficiency-insweden.pdf

Wai, J., & Lakin, J. M . (2020). The role of prior knowledge and curiosity in learning. Psychonomic Bulletin and Review, 26(4), 1377-1387.

Wasiran, Y., & andinasari, d. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Penalaran Adaptif Matematika Melalui Paket Instruksional Berbasis Creative Problem Solving. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 51-65.

Wijayanti, H., Huri. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal dan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Jakarta: FTMIPA Universitas Indraprasta PGRI: 240-248.

Zannati, G. N., Fitrianna, A. Y., & Rohaeti, E. E. (2018). Pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi perbandingan. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 107-112.

Downloads

Abstract Views : 213
Downloads Count: 259

Published

2023-07-18

How to Cite

Rachmawati, F., & Lestari, K. E. (2023). Hubungan Antara Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis dan Self-directed Learning. Didactical Mathematics, 5(2), 305–313. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5818