Korelasi antara Kemampuan Koneksi Matematis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Authors

  • Anisa Fitriani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5809

Keywords:

Kemampuan berpikir kreatif matematis, Kemampuan Koneksi Matematis, kuantitatif

Abstract

Ketika belajar matematika ada beberapa keterampilan atau kemampuan yang penting dimiliki bagi peserta didik, di antaranya adalah kemampuan membuat koneksi dan kemampuan berpikir secara kreatif. Kemampuan koneksi ketika belajar matematika merupakan kemampuan untuk dapat menghubungkan konsep-konsep matematika sementara kemampuan berpikir kreatif yaitu kemampuan peserta didik untuk dapat memberikan solusi atau jawaban yang berbeda-beda dari masalah matematika yang ada. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya korelasi antara kedua kemampuan tersebut, maka digunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yakni peserta didik kelas X dengan jumlah sampel sebanyak 121. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan peserta didik yang sudah menerima pokok pembahasan sistem persamaan linear dua dan tiga variabel. Penelitian dilakukan di SMAS Budi Mulia Karawang pada tanggal 16 – 20 bulan Mei tahun 2023. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan instrumen berupa tes untuk mengukur kemampuan koneksi dan berpikir kreatif peserta didik yang selanjutnya dilakukan analisis menggunakan teknik uji korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar positif 0,512 menggambarkan terdapat korelasi yang cukup berdasarkan tabel interpretasi dengan arah positif. Diperoleh nilai  lebih besar dari nilai  menggambarkan korelasi yang ada signifikan. Adapun kontribusi yang diberikan sebesar 26,26% berdasarkan perhitungan koefisien determinasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andiyana, M. A., Maya, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(3), 239–248. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v8i2.5609

Choirunnisa, F. (2018). Hubungan Kemampuan Koneksi Matematis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar [Skripsi, Universitas Negeri Jakarta].

Durachman, & Cahyo, E. D. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematis Siswa. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 04(1), 56–74.

Fadhillaa, W. R., Safaatullah, M. F., & Walid. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis dan Kemampuan Berpikir Geometri melalui Modifikasi Pembelajaran Circuit Learning- Scaffolding. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 132–138.

Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729

Karim. (2013). Berpikir Kreatif Siswa Membuat Koneksi Matematis dalam Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIP UNY, November, 363–370.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2022). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Marsitin, R. (2018). Koneksi Matematis dan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika dengan Teori APOS. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v5i1.268

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2, 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Rajagukguk, W., & Hazrati, K. (2021). Analisis Self-Efficacy Siswa dalam Penelitian Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Inkuiri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2077–2089. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.761

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.

Sinaga, S. J. (2018). Perbedaan Kemampuan Koneksi Matematik dan Berpikir Kreatif dengan Discovery Learning dan Direct Instruction. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 01(02), 16–27.

Ulfa, F. K. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis dan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika melalui Model Brain-Based Learning. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 106–116. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.5537

Downloads

Published

2023-07-10

How to Cite

Fitriani, A., & Yudhanegara, M. R. (2023). Korelasi antara Kemampuan Koneksi Matematis dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Didactical Mathematics, 5(2), 264–272. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5809