Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Materi Himpunan Pada Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5728Abstract
Pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan dalam proses pembelajaran ditinjau dari aspek kurikulum. Pentingnya keterampilan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran juga disampaikan oleh National Council of Teacher of Mathematics. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas VII pada materi himpunan disalah satu sekolah di Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif, penentuan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data diperoleh dari pemberian instrumen tes kemampuan pemecahan masalah dengan bentuk soal uraian mengenai himpunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berada di tiga kategori, yaitu 27% siswa dengan kategori tinggi, 33% siswa dengan kategori sedang, dan 40% siswa dengan kategori rendah. Hasil tersebut memperlihatkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa relatif rendah, yang dimana terdapat beberapa indikator kemampuan pemecahan masalah yang tidak terpenuhi secara optimal.
Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Himpunan, Kategori KemampuanDownloads
References
Adhyan, A. R., & Sutirna, S. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mts Pada Materi Himpunan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(2), 451. doi:10.22460/jpmi.v5i2.10289
Amaliah, Fitri, Sutirna, Zulkarnaen, R. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi segiempat dan segitiga. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20.
Aulia, Z., Hidayati, N., Karawang. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Materi Spldv Pada Siswa Smp Analysis Of Mathematical Problem Solving Skills, (4), 332–338.
Azwar, S. (2021). Tes Prestasi: Fungsi Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar (Edisi II). Pustaka Pelajar.
Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah matematis pada materi himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. doi:10.15575/ja.v5i1.4120
Mairing. (2018). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Alfabeta.
Nanda Muliawati, F., & Sutirna, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 32. doi:10.33087/phi.v6i1.184
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Purba, U. A., & Warmi, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Prisma, 11(1), 82-92. doi:10.35194/jp.v11i1.2000
Putri, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Siswa yang Memperoleh Pembelajaran dengan Pendekatan Metacognitive Scaffolding (Unpublished master thesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Ramadhani, D. A., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Problem-Solving Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1113–1122. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1113-1122
Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. Prisma, 10(2), 170. doi:10.35194/jp.v10i2.1813
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1)(1), 119–130.
Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128–135. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.