Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Penyajian Data
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5687Abstract
Penelitian ini dilakukan karena adanya faktor internal yaitu minat belajar yang dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami konsep pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat adanya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi penyajian data. Penelitian ini termasuk ke dalam kuantitatif korelasional untuk mengukur pengaruh antara dua varibael. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMPN 7 Karawang Barat tahun pelajaran 2022/2023. Sementara itu pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan mendapatkan kelas VII A sebanyak 32 siswa. Data yang diambil pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instumen tes untuk memperoleh data kemampuan pemahaman konsep matematis dan angket sebagai instrumen non tes untuk mendapatkan data minat belajar siswa. Data diolah dengan cara uji regresi linear sederhana menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 yang artinya ada pengaruh signifikan dari variabel minat belajar terhadap variabel kemampuan pemahaman konsep. Selain itu didapatkan hasil nilai koefisien R square sebesar 0,287 yang artinya pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII pada materi penyajian data yaitu 28,7% sedangkan 71,2% lainnya dipengaruhi oleh aspek lainnya selain variabel minat belajar.
Keywords:
Minat Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep, MatematikaDownloads
References
Arifin, S. A. N. S. S. (2022). Pengaruh Minat Belajar Dan Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. 8, 66–79.
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2280
Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872
Hanipa, A. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Mts Kelas Viii Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(5), 315. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p315-322
Hendriana, Heris, dkk. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Rafika Aditama.
Hidayati, H. A., & Munandar, D. R. (2023). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika the Influence of mathematics learning interest on the conceptual understanding of eighth-grade middle school students. 11(1), 136–142. https://doi.org/10.30738/union.v11i1.13639.
Irawati, M. (2018). Profil Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas VII I SMP Negeri 5 Yogyakarta pada Pokok Bahasan Penyajian Data dengan Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot.SKRIPSI. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. https://repository.usd.ac.id/31126/.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Capaian Hasil Ujian Nasional. Diakses dari https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/.
Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Y. (2017) . Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Mauliddina, Laili & Sari, A. D. I. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Perkalian Siswa Kelas Iv Mi Tarbiyatul Banin Jambu Semampir Gresik. Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, V (2), 333–348.
Rezi, H. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Bukittinggi. hal: 18-25.
Sari, Liana; Munandar, D. R. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Didactical Mathematics, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2016
Yeh, C. Y. C., Cheng, H. N. H., Chen, Z. H., Liao, C. C. Y., & Chan, T. W. (2019). Enhancing achievement and interest in mathematics learning through Math-Island. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41039-019-0100-9
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.