Analisis Disposisi Matematis Siswa Pada Masa Pembelajaran Luring Setelah Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5637Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis setiap indikator dari disposisi matematis yang dialami oleh siswa selama pembelajaran luring setelah pandemi COVID-19. Metode penelitian dari peneitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan instrumen non-tes adopsi berupa survei angket penelitian dilakukan kepada siswa-siswi kelas X dan Kelas XII dari SMK Al-Ikhlas Batujaya sebanyak 26 responden. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan pengisian angket yang dibagikan kepada para responden melalui link Google Form. Untuk pengolahan data peneliti menggunakan penghitungan skala likert dengan menghitung persentase dari setiap indikator disposisi matematis. Dari hasil data penelitian terlihat bahwa disposisi matematis siswa pada masa pembelajaran luring setelah pandemi COVID-19 dinyatakan TINGGI dengan persentase 71,54% untuk indikator “Rasa Percaya Diri”, 62,82% untuk indikator “Rasa Diri Mampu”, 78,85% untuk indikator “Rasa Ingin Tahu”, 75,13% untuk indikator “Rajin dan Tekun”, 75,77% untuk indikator “Fleksibel”, 77,50% untuk indikator “Reflektif”. Serta, rata-rata dari semua indikator disposisi matematis siswa persentasenya sebesar 73,60%.
Keywords:
Mathematical Disposition, Offline Learning, COVID-19 PandemicDownloads
References
Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546
Hamdiah, M. T., & Prabawati, M. N. (2019). Analisis Disposisi Matematik Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika di MTsN 11 Tasikmalaya. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 373–379.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.1729
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/05/skb-4-menteri-terbaru-atur-pembelajaran-tatap-muka-seratus-persen
Kholil, M., & Safianti, O. (2019). Efektivitas Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Barisan dan Deret. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 89–98. https://doi.org/10.31537/laplace.v2i2.246
Kurnia, R. A., Wahyuni, B. D., Handayani, N., & Sari, Y. N. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring (Online) Di Masa Pandemi Covid-19. Integral : Pendidikan Matematika, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.32534/jnr.v13i1.3107
Mayratih, G. E., Leton, S. I., & Uskono, I. V. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), 41–49. https://doi.org/10.30822/asimtot.v1i1.97
Melinda, N., & Lazwardi, A. (2020). Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. UrbanGreen Proceeding: Konferensi Nasional Pendidikan, 59–65. https://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/12/12
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Nur Aliah, S., Sukmawati, S., Hidayat, W., & Eti Rohaeti, E. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Disposisi Matematika Siswa Pada Materi SPLDV. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p91-98
Nuraidah, S., Sarifah, F. S. D., Riajanto, M. L. E. J., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Mts Negeri Di Bandung Barat Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 547. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p547-558
Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Rifal, M., Kodirun, K., & Lambertus, L. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTs Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 6(1), 15–29. https://doi.org/10.33772/jpbm.v6i1.18610
Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2021). https://covid19.go.id/id/tentang-covid-19
Utami, W. T., Mustadi, A., Marsigit, M., & Ibrahim, I. (2021). Hubungan Disposisi Matematis Dan Self-Efficacy Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 117. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3025
WikiElektronika. (n.d.). https://wikielektronika.com/skala-likert
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.