Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Indah Permatasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rina Marlina Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5528

Keywords:

Influence;, Problem Based Learning;, Problem Solving Ability

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ialah siswa kelas VIII di salah satu SMP di kabupaten karawang pada semester ganjil 2022/2023 dengan jumlah 40 siswa diantaranya 23 perempuan dan 17 laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes bentuk uraian materi pola bilangan dan konfigurasi objek. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji statistik deskriptif, uji persyaratan analisis data, uji hipotesis. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat 11 orang siswa memperoleh nilai cukup, berarti (27.5%) siswa mendapat nilai pada rentang 55,00 – 69,99. Terdapat 23 orang siswa memperoleh nilai baik, berarti (57.5%) siswa mendapat nilai pada rentang 70,00 – 84,99. Dan terdapat 6 orang siswa memperoleh nilai sangat baik, berarti (15%) siswa mendapat nilai pada rentang 85,00 – 100. Dan nilai Fhitung > Ftabel (4.501 > 4,15), dengan taraf signifikansi 0.050, hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.

Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110-117.

Dewi, N. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis (KAM) Siswa SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh.

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.

Hasanah, U. (2019). Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 2 Padang Panjang Tahon Pelajaran 2018/2019 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Indrayana, I. G. N. A. (2022). Penggunaan Langkah Langkah Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA 2 Semester 1 SMA Negeri 8 Denpasar Tahun Pelajaran 2018/2019. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 23(1), 48-58.

Lukito, S., Hanifah, H., & Maizora, S. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 293-300.

Malikiyah, S. (2019). Perbandingan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP antara yang memperoleh Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) dan Problem Based Learning (PBL). In Universitas Pendidikan Indonesia.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1).

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194-202.

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran project based learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379-388.

Prihono, E. W., & Khasanah, F. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1).

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215.

Ramadhan, I. (2021). Penggunaan Metode Problem Based Learning dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 1. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 358-369.

Samosir, Rosauli Novalina. (2018). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Terapan.

Saputri, J. R., & Mampouw, H. L. (2018). Kemampuan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal materi pecahan oleh siswa SMP ditinjau dari tahapan Polya. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 146-154.

Sianturi, A., Sipayung, T. N., & Simorangkir, F. M. A. (2018). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1).

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137-144.

Wulandari, E. (2012). Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD, Kebumen 1(1).

Downloads

Published

2023-07-18

How to Cite

Permatasari, I., & Marlina, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Didactical Mathematics, 5(2), 295–304. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5528