Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat

Authors

  • Sri Septiani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indrie Noor Aini Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5517

Keywords:

Pemahaman Konsep Matematis; Matematika; Segitiga dan Segiempat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes sebanyak 5 soal. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas VIII di SMP Al-Mushlih Karawang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan simple random sampling sebagai tektik pengambilan sampelnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes siswa. Teknil analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai terendah siswa adalah 16 dan nilai tertinggi siswa adalah 84, rata-rata nilai yang diperoleh adalah 48,93. Jika dilihat dari persentase, siswa yang memahami konsep matematis pada materi segitiga dan segiempat sebesar 42,78%. Penilaian siswa dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Dari kategori penilaian tersebut tidak ada siswa yang memperoleh kategori sangat tinggi. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi segitiga dan segiempat masih rendah. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, R., & Kartika, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Aritmatika Menggunakan Tahapan Kesalahan Newman. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1), 522-532. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5il.506.

Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siwa Ditinjau dari Konsentrasi Belajar pada Materi Statistika Dasar. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 4 (1), 215-224.

Fajar, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. 9(2), 229-230.

Fitri, Rahmi. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Persamaan Lingkaran. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 242-247.

Indriani, L. F. (2018). Kemampuan Penalaran Matematis dan Habits Of Mind Siswa SMP dalam Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Math Educator Nusantara, 4(2), 87–94.

Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 777-785.

Khairani, B.P., Maimunah., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2), 1578-1587.

Kilpatrick, J., Swafford, & B. Findell. (2001). Adding it up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Kurniawan, A., Juliangkary, E., & Pratama, M. Y. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72. https://doi.org/10.33394/mpm.v7i1.1679

Lestari, K.E., & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Prakata.

Priyambodo, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(10), 10-16.

Purba, A. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus : Jurnal Pendidikan Matematika , 1(1), 275-290

Sriyanti, Ika. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Learning Star With a Question (LSQ). Symmetry. 7(1), 29-38. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i1.5457

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM: Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 5(2), 326-330.

Ujan, R. A. B. (2017). “Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Kelas VII Di SMP Budi Mulia Minggir”. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Umam, M.A., Zulkarnaen, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio. 8(1), 303-312. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1993

Yani, C. F., Maimunah, M., Roza, Y., Murni, A., & Daim, Z. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2), 203-214. https://doi.org/10.31980/musharafa.v8i2.481

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Sri Septiani, & Aini, I. N. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat . Didactical Mathematics, 5(2), 189–198. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5517