Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aljabar

Authors

  • Siti Kulsum Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Mokhammad Ridwan Yudhanegara Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5516

Abstract

Kompetensi yang penting untuk dimiliki siswa adalah kemampuan kompetensi strategis, apabila seorang siswa mempunyai kompetensi strategis yang baik maka secara tidak langsung menguasai empat kemampuan lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan seberapa baik siswa menggunakan strategi untuk memecahkan masalah cerita berdasarkan materi aljabar. Untuk mencapai tujuan, metodologi deskriptif kualitatif diterapkan. Siswa kelas VII SMP Al-Mushlih Karawang menjadi subjek penelitian, yang dilakukan pada hari jumat, 2 Desember 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes materi aljabar. Kemampuan untuk merumuskan masalah, menggambarkan masalah, dan memecahkan masalah matematika dianalisis sebagai tiga indikasi kompetensi strategis dari data yang diperoleh. Hasil dari penelitian yaitu kategori tinggi memiliki 5 siswa, kategori sedang memiliki 10 siswa, dan kategori rendah memiliki 6 siswa. Dengan rata-rata nilai keseluruhan siswa 62,5 menunjukkan bahwa kelas VII-A SMP Al-Mushlih Karawang memiliki kemampuan kompetensi strategis matematis dengan kategori sedang.

Keywords:

Kompetensi Strategis, Aljabar, Soal Cerita

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, N. S dan Susilo, L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika dan Self Concept Siswa Mts pada Materi Himpunan. Journal On Education, 1 (3), 252-259.

Alifah, N., & Aripin, U. (2018). Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematik ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 505-512.

Amin, F. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Materi Aljabar dengan Strategi Polya dalam PBL Pendekatan Scientific. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, A. (2020). Penerapan Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud.

Kilpatrick, J., Swafford, J., dan Findel, B. (2001). Adding it up: Helping Children Learn Mathematics. Washington DC : Nasional Academy Press.

Kurniayu, N dan Nurjanah (2020). Kompetensi Strategis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika. 13 (2). 239-255.

Lestari, A. A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Aljabar Mengacu pada Teori Apos Ditinjau dari Gaya Belajar Interpersonal. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Lestari, K. E dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lutipah. (2022). Hubungan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Dengan Kepercayaan Diri (Self Confidence). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Miftaqulzanah. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Muna, T. (2018). Analisis Kompetensi Strategis Siswa dalam Pembelajaran Heuristik Vee Berdasarkan Disposisi Matematis. Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Nurwani. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Materi Aljabar Pembelajaran Matematika SMP. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Rahayu, Y dan Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan: Studi Kasus Di Smp Negeri 1 Cibadak. Symmetry. 3 (2). 93-102.

Selfiana, D. (2018). Korelasi Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas IV MIN 5 Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suraji, M. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal Of Mathematics Education. 4 (1). 9-16.

Syafii, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bangkala Barat dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Wahyuni, C., dan Sinaga, B. (2021). Penerapan Teori Bruner untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII-Alrusyd di SMP Swasta Islam Terpadu Khairul Imam Medan. Jurnal Fibonaci. 2(1). 20-32.

Wijayanti, W., dan Amin, S.M. (2019). Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa. 8(3). 492-499.

Wiranditana, R. (2018). Revolusi Kognitif Melalui Penerapan Pembelajaran Teori Bruner dalam Menyempurnakan Pendekatan Perilaku (Behavourial Approach). Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi. 2(1). 32-45.

Yulianti, A. H. (2019). Kompetensi Strategis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Program Linier Di SMK-SMTI Pontianak. Alphaeuclidedu. 2(1). 1-14.

Downloads

Abstract Views : 159
Downloads Count: 119

Published

2023-06-26

How to Cite

Kulsum, S., & Yudhanegara, M. R. (2023). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Aljabar . Didactical Mathematics, 5(2), 199–207. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5516