Systematic Literature Review: Modul Berbasis Learning Cycle 7E pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Natasya Rahmadanti Universitas PGRI Silampari
  • Rani Refianti Universitas PGRI Silampari
  • Yufitri Yanto Universitas PGRI Silampari

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5503

Keywords:

Modul, Learning Cycle 7E, Pembelajaran Matematika

Abstract

Kita dikejutkan dengan fenomena covid-19 sekitar awal tahun 2020, yang mengharuskan kita untuk hanya beraktivitas di rumah dan memberikan dampak yang cukup signifikan pada semua aspek, termasuk pendidikan. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji modul berbasis learning cycle 7e pada pembelajaran matematika. Metode dalam penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mengulas atau meninjau semua artikel mengenai modul berbasis learning cycle 7e pada pembelajaran matematika yang diterbitkan dalam jangka waktu 2018-2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 9 artikel jurnal nasional terakreditasi yang didapatkan dari Google Scholar dengan bantuan software Publish or Perish. Pengembangan modul learning cycle 7e terbukti dapat mendorong para peserta didik untuk terlibat secara aktif. Modul matematika ternyata terbukti dapat dapat meningkatkan koneksi pemecahan masalah matematis, mendorong peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Diana, A., Putra, A., & Ramadhani, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7e Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 6 “ Aku dan Cita- Citaku ” SD Negeri 6 Langsa. 2(1), 79–88.

Ikhsan, M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Sistem Gerak Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Mia Sma Negeri 1 Wera Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(1), 114.

Ilmiah, J., Education, M., Ilmiah, J., & Education, M. (2020). Jurnal Ilmiah Mandala Education. 6(1), 126–136.

Khotimah, N., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Prisma. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 15.

Lestari, R., Faelasofi, R., & Suminto, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Numerasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh. JURNAL E-DuMath, 7(2), 42–50.

Mapilindo, Rahmawati, S., & Gulyanto, B. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Program IPS SMA Negeri 1 Kisaran. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 350–356.

Marcela, R., Idris, M., & Aryaningrum, K. (2022). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 138 Palembang. Jote: Journal On Teacher Education, 4(1), 54–61.

Mustika, D., Rahmi, L., & Miranti, F. (2023). Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 12 Nomor 1 Februari 2023 Preliminary Research 7E Learning Cycle Model-Based Module Development of the Integrated Technological Penelitian Pendahuluan Pengembangan Modul Berbasis Model Belajar Siklus. 12, 81-89.

Muthma’Innah, M., Dahlan, J. A., & Suhendra, S. (2019). Ability of mathematical critical thinking - What about Learning Cycle 7E model? Journal of Physics: Conference Series, 1157(3).

Nabila Putri Isamer, Rani Refianti, & Yufitri Yanto. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile Learning Menggunakan Konteks Kota Lubuklinggau Materi Barisan. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 10(1), 1–9.

Ngina, M. Y., Bhoke, W., & Bela, M. E. (2023). Pengembangan Modul Ajar Matematika Dengan Pendekatan Learning Cycle 7E Berbasis Etnomatika Ngada Pada Materi Aritmatika …. Jurnal Citra Pendidikan, 3, 811–820.

Ningrum, A. S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar ( Metode Belajar ). 1, 166–177.

Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199.

Piu, M. D., Rawa, N. R., Bela, M. E., Studi, P., & Matematika, P. (2021). Jurnal Citra Pendidikan ( JCP ) Pengembangan Modul Geometri Ruang Berbasis Model Learning Cycle 7E Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Program Studi Pendidikan Matematika.

Pratycia, A., Putra, A. D., Ghina, A., Salsabila, M., & Adha, F. I. (2023). Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer Analisi Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer. 3(1), 58–64.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18–26.

Putra, A., & Milenia, I. F. (2021). Systematic Literature Review: Media Komik dalam Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 30.

Ramadhana, R., & Hadi, A. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Learning Cycle 7E Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 45–52.

Rhilmanidar, R., Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 142–155.

Safitri, D., & Noviarni, N. (2018). Pengembangan Lembar Kegiatan siswa (LKS) Berbasis Model Learning Cycle 7e untuk Memfasilitasi kemampuan koneksi siswa SMP/MTs. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 242.

Santoso, E., & Kurino, Y. D. (2021). Systematic literatur review : Ethnomathematic dalam pembelajaran matematika. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 6, 77–84.

Sari, M., & Asmendri. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.

Sarkawi, M. R., & Permana, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Modul Matematika Yang Bernuansa Islami untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 164–172.

Serlina, Rahmatudin, J., & Lusiyana, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Didactical Mathematics, 4(1), 230–240.

Suryadi, I., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PMRI Menggunakan Macromedia Flash Profesional 8. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(1), 40–49.

Widyaningsih, E., Waluya, S. B., & Kurniasih, A. W. (2018). Analysis of critical thinking ability of VII grade students based on the mathematical anxiety level through learning cycle 7E model. Journal of Physics: Conference Series, 983(1).

You, A., Be, M., & In, I. (2022). The Application of Learning Cycle 7E Model to Improve a. April 2021.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Rahmadanti, N., Refianti, R., & Yanto, Y. (2023). Systematic Literature Review: Modul Berbasis Learning Cycle 7E pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 223–231. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5503