Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV

Authors

  • Lilisantika Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lessa Roesdiana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5480

Keywords:

Matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, SPLTV

Abstract

Dalam pembelajaran, sebagian besar siswa SMA kurang memahami langkah-langkah penyelesaian masalah matematika khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Soal cerita dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan materi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa saat menyelesaikan soal-soal SPLTV serta mengetahui kesulitan dan faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 96 Jakarta yang berjumlah 59 siswa. Metode pengumpulan data dengan tes kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berdasarkan langkah Polya adalah 48,19 dan berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dibagi menjadi tiga kriteria, yaitu: (1) Siswa dengan kemampuan tinggi dapat memenuhi tiga indikator pemecahan masalah, (2) Siswa dengan kemampuan sedang dapat memenuhi dua indikator. pemecahan masalah, (3) Siswa dengan kemampuan rendah hanya dapat menyelesaikan satu indikator pemecahan masalah. Penyebabnya adalah siswa kesulitan memahami soal, kesulitan  melakukan operasi hitung sehingga tidak dapat menyelesaikan penyelesaian dengan benar, dan tidak terbiasa memeriksa kembali jawaban. Faktor yang mempengaruhi diantaranya kurang aktif dalam proses pembelajaran dan kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Aryanto, E. W., Suharto, Setiawan, T. B., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2018). Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. KadikmA, 9(2), 185–193.

Azzahra, R. H., Pujiastuti, H., Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2020). Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. 4(1), 153–162.

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Handayani Z, K. (2017). Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. Semnastika Unimed, 325–330. http://digilib.unimed.ac.id/26892/2/Fulltext.pdf%0A

Hanifah, H. R. F. N., & Nuraeni, R. (2020). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Think Pair Share dan Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 155–166. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.632

Hidayat, A., Sa’dijah, C., & Sulandra, I. M. (2019). Proses Berpikir Siswa Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Polya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(7), 923. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i7.12634

Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 69–84. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.12200

Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP [Analysis of the Relationship between Mathematical Problem-Solving Ability and Self Confidence in Junior High School Students]. Journal On Education, 1(1), 47–57.

Khoerunnisa, G. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi SPLDV. 438–447.

Kudsiyah. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas X Di Sma Negeri 2 Kota Sukabumi Siti Mila Kudsiyah Eka Novarina Hamidah Suryani Lukman. 110–117.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi lingkaran. 1(5), 819–826.

Maksimianus. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau Dari Taksonomi Marzano. [Tesis, Universitas Muhammadiyah Malang]. https://eprints.umm.ac.id/83759/1/THESIS.pdf

Nengsih, L. W., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 143. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927

Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamatis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Al- Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 181–190.

Putra, H. D., Putri, W. A. S., Fitriana, U., & Andayani, F. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Confidence Siswa SMP. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 60–70. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1313

Rahmawati, A., Warmi, A., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Teorema Pythagoras. 06(01), 365–374.

Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 175. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.8069

Saputri, R. A. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Perbandingan Ditinjau dari Aspek Merencanakan Polya. 3(1), 21–38.

Solaikhah, Afifah, D. S. N., & Suroto. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 97–106.

Sulistiyorini. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah soal cerita matematika siswa smp universitas muhammadiyah surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–14.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis An Analysis of Mathematics Problem-solving Ability and Self-Efficacy Students of Junior High School in Ciamis Regency. 4(2), 166–175.

Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Science Study ( TIMSS ). Berdasarkan laporan TIMSS , ranking Indonesia pada tahun 1999 yang rendah ( low ) di antara empat tingkatan lainnya , yaitu lanjut ( advanced ), tinggi ( high ), dan. 2(2).

Yuwono, T., Supanggih, M., Ferdiani, R. D., Matematika, J. P., Kanjuruhan, U., Jl, M., & Malang, S. S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. 1(November), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Zakiyah, S., Hidayat, W., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Respon Peralihan Matematik dari SMP ke SMA pada Materi SPLTV. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 227–238. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.437

Zanthy, L. S. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sma. 01(03), 94–100.

Zulkarnaen, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Segiempat dan Segitiga. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 10–20.

Downloads

Published

2023-06-28

How to Cite

Lilisantika, & Roesdiana, L. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLTV . Didactical Mathematics, 5(2), 232–246. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5480