Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMPN 1 Kutawaluya
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5404Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 1 Kutawaluya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN 1 Kutawaluya Tahun Pelajaran 2022/2023. Pemilihan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling diperoleh siswa kelas IX B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal uraian dengan jumlah 5 butir soal, dimana instrumen tes ini untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal. Selanjutnya, hasil analisis instrumen tes dikategorikan dengan kategori sangat tinggi sampai dengan sangat rendah. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukan bahwa terdapat hasil belajar matematika siswa kelas IX B dalam menyelesaikan soal yang mengacu pada indikator bilangan berpangkat. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil tes yang tergolong dalam kriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 48,7% dengan nilai nilai 100 sebanyak 19 siswa, kriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 17,9% dengan nilai 90 sebanyak 7 orang siswa, kemudian kriteria tinggi dengan persentase sebesar 17,9% dengan nilai sebesar 80 sebanyak 7 siswa dan kriteria sedang dengan persentase sebesar 15,4% dengan nilai 70 sebanyak 6 siswa. Dari hasil yang diperoleh, siswa sudah bisa dikatakan mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada mata pelajaran matematika di SMPN 1 Kutawaluya memiliki nilai KKM sebesar 79.
Kata Kunci:
analisis, hasil belajar, MatematikaUnduhan
Referensi
Ayu, I. G., Widari, A., Ngurah, I. G., Putra, N., & Suwija, I. K. (2013). Siswa Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Pada Siswa Kelas Iva Sdn 9 Sesetan Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Santiaji Pendidikan, 3(2), 189–212.
H Mailili, W. (2018). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.24176/anargya.v1i1.2371
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional [Improving access to education as mandated by Law No. 20, 2003 on National Education System]. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/view/575
Harahap, H. N. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas IV MI Nurul Huda 1 Curug. Jurnal PGSD, 12(2), 79–92. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pgsd/article/view/8054
Margono, E., Maulidiya, E., & Hanifah. (2019). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(2), 151–156.
Nurhasanah, I., & Hidayati, N. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN Kelas VIII pada Materi Persegi Panjang. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 91–100.
Pujiastutik, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran AIR ( Auditory , Intellectualy , Repetition ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Belajar Pembelajaran. Proceding Biology Education Conference, 13(1), 515–518.
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1261
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. In Alfabeta (Vol. 1, Issue 1).
Sutirna. (2013). Perkembangan dan Pertembuhan Peserta Didik (P. Christian (ed.); 1st ed.). Andy Offset.
Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.