Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Perpangkatan Dan Bentuk Akar

Authors

  • Nurul Fitriany Batubara Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5374

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar matematika siswa. Hasil belajar matematika siswa yang merupakan hal yang penting supaya dapat mengetahui pencapaian yang telah dilakukan siswa selama pembelajaran. Pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah  kelas IX SMP Negeri di Kabupaten Karawang serta untuk menganalisis hasil belajar matematika siswa materi perpangkatan dan bentuk akar. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sehingga terpilih kelas IX G Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 42 siswa. Dalam pelaksanaan penelitian, instrumen yang digunakan dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal. Dimana instrumen tes ini untuk melihat hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa semua siswa dapat menyelesaikan soal pada indikator menentukan hasil pemangkatan dari perpangkatan dengan basis yang sama. Berdasarkan analisis hasil belajar matematika siswa masuk dalam kriteria rendah karena didapat hasil persentase kategori tinggi sebesar 12%, kriteria sedang sebesar 71%, dan kriteria rendah 17%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa pada penelitian ini menunjukkan bahwa siswa berada pada kriteria sedang.

Keywords:

Mathematics, Rots and Rots, Learning Outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3rd ed.). Bumi Aksara.

Dusalan, Mikrayanti, Basrin, Jauhari, R. S., & Furqan, M. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa melalui Metode Index Card Match padaa Materi Pokok Persegi dan Persegi Panjang Kelas VII-b SMP Negeri 1 Wera Tahun Pelajaran 2019 / 2020. 1, 44–65.

Faulinda, E. N., & Aghni Rizqi Ni’mal, ‘Abdu. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.

Herman, T. (2010). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1(1), 3. http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/educationist/article/view/28/22

Lahinda, Y., & Jailani, J. (2015). Analisis Proses Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 148–161. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7157

Mardiana, I. (2020). PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH (ICM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP SWASTA BINA TARUNA MEDAN T.P 2019/2020 (Issue Icm).

Purnamasari, Pawestri Dian, dan sugiman. (2019). Analisis Kemampuan Permecahan Msalah Siswa XI SMK Muhammadiyah I Patu Pada Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 1-7, 1, 105–112.

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yoyakarta: Pustaka Belajar.

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335

Rouf, A. (2019). Reaktualisasi dan Kontekstualisasi Kearifan Lokal dengan Manhaj Global: Upaya menjawab problematika dan tantangan pendidikan di era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 910–914.

Ruhyana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Computech & Bisnis, 10(2), 106–118. http://jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/151

Samosir, D. (2017). PENGGUNAAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. 23(1), 9–14.

Slameto. (2016). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Rineka Cipta.

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Zulfitriani, Yunarti, T., & Bharata, H. (2016). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 4(2).

Downloads

Abstract Views : 560
Downloads Count: 264

Published

2023-06-26

How to Cite

Batubara, N. F., & Sutirna, S. (2023). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Perpangkatan Dan Bentuk Akar. Didactical Mathematics, 5(2), 167–178. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5374