Analisis Beban Kognitif dalam Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5334Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui beban kognitif siswa dalam kemampuan pemahaman konsep matematis. Pembelajaran matematika pada penelitian ini yaitu materi induksi matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA 1 MAN 4 Karawang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes pemahaman konsep matematis, kuesioner dan wawancara tidak terstruktur. Adapun kuesioner atau angket diisi oleh siswa untuk mengetahui beban kognitif siswa kategori tinggi, sedang dan rendah. Teknik Analisis data pada penelitian ini mengikuti langkah Milles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data hasil angket diperoleh persentase beban kognitif kategori tinggi sebesar 45,4%, kategori sedang sebesar 36,4% dan kategori rendah sebesar 18,2%. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa penyajian data dapat disimpulkan bahwa siswa kategori tinggi memiliki beban kognitif intrinsik dan ekstrinsik yang rendah, serta beban kognitif konstruktif yang tinggi. Sedangkan siswa kategori rendah kebalikannya yakni memiliki beban kognitif intrinsik dan ekstrinsik yang tinggi, serta beban kognitif konstruktif yang rendah.
Keywords:
cognitive load theory, kemampuan pemahaman konsepDownloads
References
Afidah, V. N. (2015). Prinsip-Prinsip Teori Beban Kognitif Dalam Merancang Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M). Vol. 1, Issue 1.
Alin Sholihah, D. (2022). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Cognitive Load Theory untuk Meminimalkan Extraneous Cognitive Load. 5(1).
Banar, D. P., Yohanes, B., Setiyawan, R. D., Puspita, W. A., & Setyowati, I. D. (2021). Beban Kognitif dan Kemampuan dalam Pembelajaran Matematika Sekolah.
De Jong, T., & Jong, T. (2009). Cognitive load theory, educational research, and instructional design: some food for thought. Instructional Science, 38(2), 105–134.
Gagne, R.M. (1985). The Condition of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winstone
Karso. (2014). Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka
Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP Pengembangan Modul Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Minat SMP, 9(2), 161–174.
Mayer, R. E. (2014). Fifty Years of Creativity Research. In Handbook of Creativity (pp. 449–460). Cambridge University Press.
Mukti, A. T. (2017). Analisis Beban Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Matematika.
Nurhasanah, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Melalui Model Flipped Classroom ditinjau dari Multiple Intelligences. Singaperbangsa Karawang.
Pertiwi, R. I. (2020). Beban kognitif intrinsik siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari kecemasan. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika). 6(1), 10.
Rahma, I. F., & Hrp, N. A. (2023). Monograf Model Blended Learning Berbasis Projek Untuk Peningkatan Kemampuan Analisis Dan Pemahaman Konsep Matematis. In N. Rismawati (Ed.), Suparyanto dan Rosad (2015 (Cetakan Pe).
Razzaq, A., & Tuo, M. A. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609.
Ruseffendi, E.T. (1991). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sweller, John. 2010. Cognitive Load Theory: Recent Theoretical Advances. United State of America: Cambridge University Press
VivinTonra, W. S., & Ishak, H. (2019). Pengurangan Beban Kognitif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa SMA. Jurnal Numeracy, 6(1), 111–121.
Yohanes, B., & Yusuf, F. I. (2021). Teori Beban Kognitif: Peta Kognitif Dalam Pemecahan Masalah Pada Matematika Sekolah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2215.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.