Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Pembelajaran Abad 21

Authors

  • Zaskia Husna Maharani Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kusno Kusno Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5178

Keywords:

Kemampuan berpikir kreatif matematis, pembelajaran abad 21

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sangat diperlukan khususnya pada pembelajaran abad 21 ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis pembelajaran abad 21 yang memanfaatkan teknologi dan  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa . Data dikumpulkan melalaui jurnal-jurnal yang terkait untuk dikaji. Metode penelitian yang digunakan adalah metode SRL ( Systematic Literature Review) untuk mengenali, meneliti, dan menilai semua investigasi terkait untuk mengatasi pertanyaan penelitian yang diajukan. Arikel yang dikaji sebanyak 20 artikel dengan kurun waktu 2016-2022 baik jurnal nasional dan jurnal internasional. Hasil penenlitian menujukan bahwa pendekatan pembelajaran yang bisa di padukan dengan teknologi abad 21 akan melatih kemampuan berpikir kreatif. Sepeti pembelajaran Berbasis proyek atau berbasis masalah, pembelajaran dengan pendekatan open-ended, pembelajaran STEM ,pendekatan konstektual, semua itu bisa disesuaikan dengan materi matematika yang akan diajarkan. Selain itu, ditemukan beberapa hal yang terkait dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dapat dipengaruhi oleh faktor gender dan Self-regulated.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dancreative Thinking) Untuk menyongsong Era Abad 21. Prosiding : Konferensi Nasional Matematika Dan IPA, 1(1). https://doi.org/10.1007/s10763-006-9048-5

Auliah, Syaifuul, S. (2020). Pengembangan Modul Digital Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67–76. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpm

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 129. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.553

Fatah, A., Suryadi, D., Sabandar, J., & Turmudi. (2016). Open-ended approach: An effort in cultivating students’ mathematical creative thinking ability and self-esteem in mathematics. Journal on Mathematics Education, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.22342/jme.7.1.2813.9-18

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl ( Project-Based Learning ) Terhadap Keterampilan. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226.

Guntur., et. al. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif, Kritis, dan Komunikasi Matematika Siswa dalam Academic-Contructive Controversy (AC). Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 385–392.

Hormadia, I., & Putra, A. (2021). Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.914

Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108

Khalishah, N., & Mahmudah, U. (2022). Analisis Perkembangan Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) pada Keterampilan Abad 21. Santika …, 2, 417–431. https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/santika/article/view/1159%0Ahttps://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/santika/article/download/1159/457

Lesmanawati, Yunita, D. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Mardhiyah, R. H. dkk. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 12(1), 29–40.

Masythoh, D. N., & Nuriadin, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gender Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di SMK. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1750–1756. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.724

Meiliana, L., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self Regulated Learning pada Siswa SMPN 1 Margaasih. Journal on Education, 1(4), 644–652.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Nurazhaar, H. I., Lukman, H. S., & Setiani, A. (2021). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 50–59. https://doi.org/10.46918/equals.v4i1.937

Nurlita, Anggun, J. (2023). Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kolaborasi Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 771–777.

Octaviyani, I., Kusumah, Y. S., & Hasanah. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Project-Based Learning Dengan Pendekatan Stem. Journal on Mathematics Education Research, 1(1), 10–14.

Rochmad, R., & Ulinnuha, R. (2020). Blended learning Menggunakan Gnomio untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 476–481. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37647

Santia, I. (2019). Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Pemecahan Masalah Kontekstual. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 1(2), 50. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v1n2.p50-63

Siswono, T. Y. E., & Budayasa, I. K. (2006). Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII Dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia Di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang, 1–16. https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper06_implementasiteori.pdf%0A

Suardipa, P. (2019). Kajian Creative Thinking Matematis Dalam Inovasi Pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 3(2), 15–22.

Sumarni, W., & Kadarwati, S. (2020). Ethno-stem project-based learning: Its impact to critical and creative thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(1), 11–21. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i1.21754

Vistara, M. F., Asikin, M., Ardiansyah, A. S., & Pudjiastut, E. (2022). Problem Based Learning Berorientasi STEAM Context terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA), 5, 451–460. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/54564

Wahyuni, D., & Palupi, B. S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Melalui Soal Open-Ended. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 76–83. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.30

Widana, I. W., & Septiari, K. L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbasis Pendekatan STEM. Jurnal Elemen, 7(1), 209–220. https://doi.org/10.29408/jel.v7i1.3031

Zakiah, N. E., Fatimah, A. T., & Sunaryo, Y. (2020). Implementasi Project-Based Learning Untuk Mengeksplorasi Kreativitas Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 286–293. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.4194

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Maharani, Z. H., & Kusno, K. (2023). Analisis Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Pembelajaran Abad 21. Didactical Mathematics, 5(2), 127–135. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5178