Analisis Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika

Authors

  • Elsa Ajeng Fatmala Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Kusno Kusno Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5175

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kreatif, HOTS, Pembelajaran Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dapat ditingkatkan dalam pembelajaran matematika melalui berbagai macam model pembelajaran dan dengan cara berpikir tingkat tinggi sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa dapat mencapai kategori yang tinggi dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penenlitian ini yaitu Systematic Literatur Review. Metode systematic literature review adalah metode penelitian yang sistematis dan terstruktur untuk mengumpulkan, mengevaluasi, dan menyintesis hasil penelitian yang relevan dalam suatu bidang tertentu. Metode ini digunakan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menyusun literatur yang relevan dengan topik penelitian tertentu. Data dikumpulkan untuk direview yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika. Peneliti menggunakan data artikel sebanyak 19 artikel jurnal nasional dengan kurun waktu 2013-2022. Penelitian menunjukkan bahwa memberikan peluang siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatifnya melalui berbagai macam model pembelajaran dan dengan cara berpikir tingkat tinggi dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kreatif siswa sanggup mencapai kategori tinggi dalam pembelajaran matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggoro, R. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Hots Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 9(2), 135. https://doi.org/10.12928/admathedu.v9i2.15287

Damanik, W. J., & Syahputra, E. . (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Menigkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Model Discovery Learning. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 27–38. https://doi.org/10.24114/jpmi.v4i1.9294

Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.1-8

Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643

Florentina, N., & Leonard, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 96–106. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1877

Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematik Sertakemampuan Dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.33387/dpi.v2i1.97

Khoiri, W., Rochmad, & Cahyono, A. N. (2013). Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaranmatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Mathematics Education, 2(1), 115–121.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Mossouti Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif.

Mursidik, E. M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Creative Thinking Ability in Solving Open-Ended Mathematical Problems Viewed From the Level of Mathematics Ability of Elementary School Students. PEDAGOGIA: Journal of Education, 4(1), 23–33.

Nasution, N. R., & Surya, E. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. ResearchGate, October. https://www.researchgate.net/publication/320726603

Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap. Jurnal Edumath, 3(2), 110–117.

Nugroho, I. A., Chotim, M., & Dwijanto. (2013). Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(1), 49–54. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Purwaningrum, J. P. (2016a). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach. Refleksi Edukatika, 6(2), 145–157. https://doi.org/10.24176/re.v6i2.613

Purwaningrum, J. P. (2016b). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kratif Matematis Melalui Discovery Learning. Pasundan Journal of Mathematics Education, 1(1), 102–114.

Putri, C. A., Munzir, S., & Abidin, Z. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 12–27. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608

Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. PRISMA Universitas Suryakancana, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22

Sohilait, E. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Emy Sohilait the Influence of Discovery Learning Models on Students’ Mathematical Creative Thinking Abilities. Riemann Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 35–41.

Supardi US. (n.d.). Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43–48.

Windasari, A. D., & Cholily, Y. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Memecahkan Masalah HOTS dalam Setting Model Kooperatif Jigsaw. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 623–631. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.462

Downloads

Published

2023-06-13

How to Cite

Elsa Ajeng Fatmala, & Kusno, K. (2023). Analisis Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 5(2), 117–126. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.5175