Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa SMP

Authors

  • Fidia Puspa Azzahra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Hanifah Nurus Sopiany

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.5048

Keywords:

Mathematical Disposition, Representation Ability

Abstract

Pembelajaran matematika tidak hanya dilihat dari aspek kognitif saja, namun harus dilihat dari aspek afektif juga. Salah satunya dapat dilihat dari disposisi matematis yang juga merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika yang memuat kemampuan representasi matematis. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan disposisi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan ialah 36 siswa kelas VIII di SMPN 4 Klari. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dimana akan dipilih satu siswa untuk setiap tingkatan disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan ialah tes, non tes, dan wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan angket disposisi matematis, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kategori disposisi matematis tinggi dan sedang dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan representasi dengan baik. Siswa dengan kategori disposisi rendah dapat mencapai indikator kemampuan verbal dengan baik, namun belum dapat mencapai indikator kemampuan ekspresi matematis dan visual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.

Amieny, E. A., & Firmansyah, D. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP dalam Pembelajaran Matematika. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 133-142.

Aprilianti, Sripatmi, Salsabila, N. H., & Kurniati, N. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 24 Mataram Pada Materi Persamaan Garis Lurus Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1593-1599.

Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 46-63.

Dina, Z. H., Ikhsan, M., & Hajidin. (2019). The Improvement of Communication and Mathematical Disposition Abilities through Discovery Learning Model in Junior High School. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(1), 11-22.

Fitrianna, A. Y., Dinia, S., Mayasari, & Nurhafifah, A. Y. (2018). Mathematical Representation Ability of Senior High School Students: An Evaluation from Students' Mathematical Disposition. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1), 46-56.

Fuad, M. N. (2016). Representasi Matematis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Persamaan Kuadrat Ditinjau dari Perbedaan Gender. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(2), 145-152.

Hanifah, N., & Sutriyono. (2018). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender. MAJU, 5(1), 133-146.

Huda, A. (2019). Hubungan Disposisi Matematis dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas V di SDIT Bina Anak Islam Krapyak. Skripsi.

Hutajulu, M., Wijaya, T. T., & Hidayat, W. (2019). The Effect of Mathematical Disposition and Learning Motivation on Problem Solving: An Analysis. Infinity: Journal of Mathematics Education, 8 (2), 229-238.

Irawan, S., & Iasha, V. (2021). Model Pembelajaran CORE dan Disposisi Matematis, Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Buana Pendidikan, 17(2), 122-129.

Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 99-108.

Kurniawati, C. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP BOPKRI 1 Yogyakarta pada Pembelajaran Matematika yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Materi Fungsi Linear. Tesis.

Kusmaryono, I., Suyitno, H., & Dwijanto. (2016). The Role of Mathematical Representation and Disposition in Improving Students' Mathematical Power. AdMathEdu, 6(1), 11-24.

Lette, I., & Manoy, J. T. (2019). Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(3), 569-575.

Miladiah, A., Nurhaida, & Karimah, N. I. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(2), 9-14.

Nurzannah, Muliana, Herizal, Fajriana, & Mursalin. (2021). The Effect of REACT Strategy Assisted by GeoGebra Software on Students' Mathematical Representation Ability. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(2), 90-97.

Sopiany, H. N., & Hidayati, N. (2019). Eksplorasi Kemampuan Disposisi Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Geogebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 4, 462-467.

Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 225-234.

Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core Model on Improving Mathematical Communication and Connection, Analysis of Student's Mathematical Disposition. International Journal of Instruction, 12 (4), 639-654.

Downloads

Published

2023-04-29

How to Cite

Azzahra, F. P., & Hanifah Nurus Sopiany. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Disposisi Matematis Siswa SMP. Didactical Mathematics, 5(1), 96–106. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.5048

Issue

Section

Articles