Deskripsi Kemampuan Investigasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4969Abstrak
Investigasi Matematis adalah kemampuan siswa dalam menemukan serta menentukan proses penyelesaian yang tepat dalam penyelesaian soal yang siswa kerjakan. Kemampuan investigasi matematis dapat berbeda setiap siswa karena beberapa faktor seperti pemahaman siswa terhadap materi, daya ingat siswa terhadap materi yang telah di pelajarinya, dan cara pikir siswa dalam menghadapi masalah dalam soal. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dari kemampuan investigasi matematis siswa SMP Negeri di Karawang dalam materi penyajian data. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan melakukan uji instrument berupa soal tes Kemampuan Investigasi yang di berikan kepada siswa SMP kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Jawaban siswa dikelompokan sesuai cara investigasi matematis siswa. Selanjutnya dipilih siswa yang jawaban tesnya dapat mewakili kelompoknya. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat siswa yang belum dapat mengembangkan kemampuan investigasi matematis karena beberapa indikator kemampuan investigasi matematis yang belum tercapai sepenuhnya. Namun tidak sedikit siswa yang sudah dapat mengembangkan kemampuan investigasi matematisnya dengan baik. Selain itu hasil penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab-penyebab siswa yang tidak dapat mengembangkan kemampuan investigasinya dengan baik.
Kata Kunci:
Kemampuan Investigasi Matematis;, Penyajian Data;, MatematikaUnduhan
Referensi
Anita, & Hakim, D. L. (2021). Analisis Kesulitan siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Phi, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5762
Ayu, P. T. P., & Hakim, D. L. (2019). Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1146–1154.
Dewi, K., & Hakim, D. L. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sma Pada Materi Integral. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 66–76. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/index
Erlina, & Hakim, D. L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa SMP pada Scaffolding. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 2014, 1165–1173. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/download/2941/1971
Erlita, & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 971–982. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.971-982
Fadilah, N. A. S., & Hakim, D. L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(November), 565–574.
Farida, I., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1123–1136. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136
Hakim, D. L. (2017). Penerapan Mobile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Representasi Matematis, Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia, 192–194.
Jhon, C. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methode Approaches (4th Ed.). Sage.
Masyukuri, A., Hakim, D. L., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Prisma dan Limas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 97–108. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
Maulina, S. (2019). Analisis Kemampuan Investigasi Matematis Siswa Kelas VII F Mts Manahijul HUda Ngagel pada Materi Penyajian DAta Berdasarkan Gaya Belajar Teori Kolb Tahun Pelajaran 2018/2019.
NCTM. (2000). Principles and Standarts For School Mathematic.
Nurilah, Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2018, 73–82.
Putri, C. N., & Hakim, D. L. (2022). Dimensi Math Anxiety (Kognitif, Sikap, Somatik) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi SPLTV. Phi, 6(2), 159–167. https://doi.org/10.33087/phi.v6i2.248
Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1169–1180. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1169-1180
Risah, Yayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 344–356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.307-316
Sepriani, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Garis Dan Sudut. Maju, 8(1), 291–298.
Siswanah, E. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Uin Walisongo Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 13–24. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.941
Tarim, K., & Tarku, H. (2022). Investigation of the Questions in 8th Grade Mathematics Textbook in terms of Mathematical Literacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17(2), em0682. https://doi.org/10.29333/iejme/11819
Tarım, K., Özsezer, M. S., & Canbazoğlu, H. B. (2019). An investigation of pre-service primary school teachers’ mathematical literacy levels and perceptions of mathematics. Fundamentals of Mathematics Education Middle School, February. https://www.academia.edu/download/55309994/Current_Trends_in_Education_Sciences.pdf#page=99
Yeo, J. B. W. (2009). Development of a Framework to Characterise the Openness of Mathematical Tasks. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(1), 175–191. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9675-9
Yeo, J. B. W. (2014). Mathematical Investigation Proficiency among Singapore Secondary School Students: An Exploratory Study. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 4(1), 3–21. https://doi.org/10.46517/seamej.v4i1.26
Zahra, F. A., & Hakim, D. L. (2022). Kesulitan Siswa Kelas VII SMP dalam Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Garis dan Sudut. Phi, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.33087/phi.v6i2.244
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.