Deskripsi Kemampuan Investigasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data

Authors

  • Shafira Dyah Pratiwi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4969

Keywords:

Kemampuan Investigasi Matematis;, Penyajian Data;, Matematika

Abstract

Investigasi Matematis adalah kemampuan siswa dalam menemukan serta menentukan proses penyelesaian yang tepat dalam penyelesaian soal yang siswa kerjakan. Kemampuan investigasi matematis dapat berbeda setiap siswa karena beberapa faktor seperti pemahaman siswa terhadap materi, daya ingat siswa terhadap materi yang telah di pelajarinya, dan cara pikir siswa dalam menghadapi masalah dalam soal. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dari kemampuan investigasi matematis siswa SMP Negeri di Karawang dalam materi penyajian data.  Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan melakukan uji instrument berupa soal tes Kemampuan Investigasi yang di berikan kepada siswa SMP kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Jawaban siswa dikelompokan sesuai cara investigasi matematis siswa. Selanjutnya dipilih siswa yang jawaban tesnya dapat mewakili kelompoknya. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih terdapat siswa yang belum dapat mengembangkan kemampuan investigasi matematis karena beberapa indikator kemampuan investigasi matematis yang belum tercapai sepenuhnya. Namun tidak sedikit siswa yang sudah dapat mengembangkan kemampuan investigasi matematisnya dengan baik. Selain itu hasil penelitian ini yaitu untuk mengetahui penyebab-penyebab siswa yang tidak dapat mengembangkan kemampuan investigasinya dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, & Hakim, D. L. (2021). Analisis Kesulitan siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Phi, 4(1), 55–61. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5762

Ayu, P. T. P., & Hakim, D. L. (2019). Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1146–1154.

Dewi, K., & Hakim, D. L. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sma Pada Materi Integral. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 8(2), 66–76. http://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPMat/index

Erlina, & Hakim, D. L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa SMP pada Scaffolding. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 2014, 1165–1173. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/download/2941/1971

Erlita, & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar Segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(4), 971–982. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i4.971-982

Fadilah, N. A. S., & Hakim, D. L. (2022). Efektivitas Pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(November), 565–574.

Farida, I., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1123–1136. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136

Hakim, D. L. (2017). Penerapan Mobile Learning Dalam Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis, Representasi Matematis, Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia, 192–194.

Jhon, C. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methode Approaches (4th Ed.). Sage.

Masyukuri, A., Hakim, D. L., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Prisma dan Limas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 97–108. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Maulina, S. (2019). Analisis Kemampuan Investigasi Matematis Siswa Kelas VII F Mts Manahijul HUda Ngagel pada Materi Penyajian DAta Berdasarkan Gaya Belajar Teori Kolb Tahun Pelajaran 2018/2019.

NCTM. (2000). Principles and Standarts For School Mathematic.

Nurilah, Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2018, 73–82.

Putri, C. N., & Hakim, D. L. (2022). Dimensi Math Anxiety (Kognitif, Sikap, Somatik) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi SPLTV. Phi, 6(2), 159–167. https://doi.org/10.33087/phi.v6i2.248

Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1169–1180. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1169-1180

Risah, Yayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Pencapaian kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada materi trigonometri. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 344–356. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.307-316

Sepriani, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Garis Dan Sudut. Maju, 8(1), 291–298.

Siswanah, E. (2015). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terstruktur Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Uin Walisongo Semarang. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 13–24. https://doi.org/10.21580/phen.2016.6.1.941

Tarim, K., & Tarku, H. (2022). Investigation of the Questions in 8th Grade Mathematics Textbook in terms of Mathematical Literacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17(2), em0682. https://doi.org/10.29333/iejme/11819

Tarım, K., Özsezer, M. S., & Canbazoğlu, H. B. (2019). An investigation of pre-service primary school teachers’ mathematical literacy levels and perceptions of mathematics. Fundamentals of Mathematics Education Middle School, February. https://www.academia.edu/download/55309994/Current_Trends_in_Education_Sciences.pdf#page=99

Yeo, J. B. W. (2009). Development of a Framework to Characterise the Openness of Mathematical Tasks. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(1), 175–191. https://doi.org/10.1007/s10763-015-9675-9

Yeo, J. B. W. (2014). Mathematical Investigation Proficiency among Singapore Secondary School Students: An Exploratory Study. Southeast Asian Mathematics Education Journal, 4(1), 3–21. https://doi.org/10.46517/seamej.v4i1.26

Zahra, F. A., & Hakim, D. L. (2022). Kesulitan Siswa Kelas VII SMP dalam Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Garis dan Sudut. Phi, 6(2), 208–216. https://doi.org/10.33087/phi.v6i2.244

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Shafira Dyah Pratiwi, & Hakim, D. L. (2023). Deskripsi Kemampuan Investigasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data. Didactical Mathematics, 5(1), 87–95. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4969

Issue

Section

Articles