Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Authors

  • Widianjani Widianjani Universitas Putra Indonesia
  • Lamlam Patimah Universitas Putra Indonesia (UNPI)

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4938

Keywords:

Inquiry; critical thinking; attitude

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mengetahui peningkatan berpikir kritis terhadap matematik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri; 2). Mengetahui peningkatan setiap aspek berpikir kritis dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri; 3). Mengetahui respon siswa dalam pembelajaran inkuiri di SMK Pasundan 2 Cianjur. Metode penelitian ini yaitu Kurt Lewis yang terdiri dari pra- siklus, siklus I dan siklus II. Teknik analisis data menggunakan pengujian hipotesis, yang didapatkan dari tes formatif untuk melihat persentase tingkat kemampuan berpikir kritis, sedangkan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran inkuiri dengan menyebarkan angket untuk mengetahui responnya positif atau tidak. Hasil dari penelitian didapatkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 40,6% yaitu pada siklus ke I sebesar 19,5% dan siklus ke II sebesar 21,1%. Kemampuan siswa pada semua aspek berpikir kritis meningkat, yaitu aspek memberikan penjelasan sederhana sebesar 18,8% dari pra-siklus ke siklus I, dan 20,6% dari siklus I ke siklus II, aspek penjelasan lebih lanjut sebesar 20% dari pra-siklus ke siklus I, dan 20,9% dari siklus I ke siklus II, aspek membuat strategi dan taktik sebesar 18,2% dari pra-siklus ke siklus I dan 20% dari siklus I ke siklus II, aspek membuat kesimpulan sebesar 22,3% dari pra-siklus ke siklus I dan 20,3% dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian juga dapat disimpulkan adanya sikap positif terhadap model pembelajaran inkuiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizah, Linda I. R., dkk. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning dan Guided Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Imajiner, 1(4), 30-36.

Bakri, Aburizal, dkk. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Karakter Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Langsa. PJPM, 12(2), 56-64.

Danike, Inke, dkk. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Ditinjau dari Certainity of Response Index (CRI) Test dengan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing. JARME, 1(1), 78-93.

Hanggara, Wandy,.dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Metematis Siswa SMK. INTERMTHZO, 4(2), 123-127.

Indriyanti, Dessy, dkk. (2018). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Confidence Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(5), 305-318.

Kartika, Yunia, dan Fibri Rakhmawati. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Model Inquiry Learning. Cendikia, 6(3), 2515-2525.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar. Jakarta.

Komariah, Nur Siti, dkk. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMK. Sesiomadika, 1(1), 201-208.

Mardana, Frendi, Fitria, dkk. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(2).

Prameswari, Giyanti, dkk. (2018). Pengaruh Model Inqury Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas X SMA Negeri 3 Singkawang. JPMI, 3(1), 35-40.

Samura, Asri Ode. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Melalui Pembealajaran Berbasis Masalah. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 20-28.

Sari, Alfizah, Ayu, Indriani dan Ahmad, Lutfi. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui pendekatan Inkuiri. Jurnal Simki Pedagogika, 6(1), 118-129.

Supriadi. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Mahasiswa. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17 (1), 1-12

Warniasih, Kristina, dkk. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Inkuiri. Journal of Honai Math, 2(2), 103-116.

Yusuf, Erwani dan Gustiyana. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 02 Bengkulu Utara. MUDE, 1(4), 529-534.

Downloads

Published

2023-04-13

How to Cite

Widianjani, W., & Patimah, L. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Didactical Mathematics, 5(1), 81–86. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4938

Issue

Section

Articles