Analisis Kompetensi Strategi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Gender

Authors

  • Eri Manuri Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dori Lukman Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4827

Keywords:

Mathmatical; Competence Strategic; Gender

Abstract

Kompetensi strategi matematis merupakan bagian dari kecakapan matematis yang harus dimiliki oleh siswa karena memiliki peranan penting dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Lemahnya kompetensi strategi matematis siswa dapat disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya perbedaan gender. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis kompetensi strategi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Karawang sebanyak 26 siswa. Sedangkan, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument tes. Kemudian di analisis 2 orang siswa berdasarkan gender (1 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki) dipilih secara purposive sampling. Kemampuan kompetensi strategi matematis siswa di ukur menggunakan instrument berupa tes tulis yang mencakup tiga indikator yaitu memformulasikan, merepresentasikan, dan menyelesaikan masalah. Berdasarkan hasil analis jawaban, siswa perempuan dan siswa laki-laki memiliki kemampuan kompetensi strategi matematis yang berbeda. Siswa perempuan memiliki kemampuan kompetensi strategi matematis 5% lebih unggul dari siswa laki-laki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Gender. Jurnal kependidikan: jurnal hasil penelitian dan kajian kepustakaan di bidang pendidikan, pengajaran dan pembelajaran, 7(2), 481. Https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3688

Aulia, M. P., Roesdiana, l., & Haerudin, H. (2021). Analisis Kemampuan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal pendidikan matematika universitas lampung, 9(2), 169–183. Https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp169-183

Farida, I., & Hakim, D. L. (2021). Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Smp Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jurnal pembelajaran matematika inovatif, 4(5). Https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136

Firdiana, W., Juniati, D., & Manoy, T. J. (2022). Strategic Competence Of Junior High School Students In Solving Geometry Problems Reviewed From Sex Differences. Math didactic: jurnal pendidikan matematika, 8(1), 1–15. Https://doi.org/10.33654/math.v8i1.1602

Hanifah, N., & Sutriyono. (2018). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal MAJU, 5(1), 2579–4647.

John W. Creswell. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (4th Ed.). Sage.

Kilpatrick, Jeremy., Swafford, Jane., Findell, Bradford., & National Research Council (U.S.). Mathematics Learning Study Committee. (2001). Adding It Up : Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press.

Lutipah. (2022). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa Ditinjau Dari Kepercayaan Diri (Self Confidence). Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Nafii, A. Y. (2017). Pemahaman Siswa Smp Terhadap Konsep Persamaan Linear Satu Variabel (PSLV) Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 119–125. Https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10259

Wulandari, N. P. M., & Karmila. (2021). Deskripsi Kompetensi Strategis Matematis Kelas VII SMP Negeri 1 Palopo Berdasarkan Gender. Pedagogy, 6(1), 116–125. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i1.279

Nugraha, D. I. D., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas viii pada materi aritmatika sosial. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 320–327. Https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1994

Nugraheni, Z., Budiyono, & Slamet, I. (2017). Geometry Strategic Competence Of Junior High School Students Based On Sex Difference. Aip Conference Proceedings, 1913. Https://doi.org/10.1063/1.5016663

Rahayu, S., & Hakim, D. L. (2021). Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Segi Empat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5). Https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1169-1180

Syukriani, A., Juniati, D., & Siswono, t. Y. E. (2017). Investigating Adaptive Reasoning And Strategic Competence: Difference Male And Female. Aip Conference Proceedings, 1867. Https://doi.org/10.1063/1.4994436

Muna, T. (2018). Analisis Kompetensi Strategis Siswa Dalam Pembelajaran Heuristik Vee Berdasarkan Disposisi Matematis. Disertasi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Safitri, T. P., & Kurnadi. (2018). Peningkatan Kemampuan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kuantum. SJME (Supremum Journal Of Mathematics Education), 2(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.35706/Sjme.V2i1.921

Ully, A. C., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Tahapan Polya. Didactical Mathematics, 4(1), 156–162. Https://doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Widyanti, A. U., & Khabibah, S. (2020). Strategic Competence Profiles In Solving Mathematics Problem Based On Learning Styles. MATHEdunesa, 9(2), 319–328. Https://Doi.Org/10.26740/Mathedunesa.V9n2.P319-328

Yanah, & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(1), 355–366. Https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1995

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Manuri, E., & Hakim, D. L. (2023). Analisis Kompetensi Strategi Matematis Siswa dalam Penyelesaian Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Gender. Didactical Mathematics, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4827

Issue

Section

Articles