Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMAIT IQRA Kota Bengkulu

Authors

  • Eka Yulitasari Universitas Bengkulu
  • Hanifah Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4467

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi kaidah pencacahan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA IT IQRA Kota Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah kelas XII IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik dan XII IPA 4 sebagai kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes. Dalam penelitian ini nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen adalah sebesar 83,13. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Sederhana. Temuan penelitian ini berdasarkan uji regresi secara signifikansi menunjukkan angka 0,00 < 0,05 dimana nilai fhitung 0,567 < Ftabel 2,41 maka terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Sedangkan secara koefisien dari persamaan regresi sederhana kemampuan pemecahan masalah yaitu Y = 17,070 + 1,064X yang berarti bahwa setiap penambahan 1% pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik maka kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat sebesar 1,064. Maka terdapat pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan lembar kerja peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Muri Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta : prenadamedia group.

Adriantoni, S. N. (2016). Kurikulum dan Pengembangan. Jakarta: Rajawali.

Andri K. B dan Stringer R. 2010. Panduan Pedoman Pelaksanaan Penerapan VCA (Analisa Rantai Nilai) untuk Staf Peneliti BPTP dan BBP2TP. Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Bogor

Arends, R.I. dan A. Kilcher. (2010). Teaching for Student Learning: Becoming an Accomplished Teacher. Rotledge Taylor & Francis Group. New York and London.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p120-127.171

Asrati, S., Karyadi, B., & Ansori, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Siswa Smp. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 44–50. https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.44-50

Darmawan, A. E. F. (2012). Peran Buku Ajar bagi Guru dalam Proses Pembelajaran Matematika Topik Kaidah Pencacahan di Kelas XI IPA SMA Kolese de Britto. Skripsi, Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

Dede Anggiana, A. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(volume 4), 56–69. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2061

Depdiknas.2004. Pedoman merancang sumber belajar. Jakarta : Depdiknas

Gulo.W.Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia. 2002.

Haji, S., & Yumiati. (2011). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Asli Melalui Pembelajaran generative dengan Pendekatan Open-Ended. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1 No 1, 50–60. https://doi.org/10.23969/pjme.v1i1.2364

Haji, S. (2012). Model Bahan Ajar Matematika SMA berbasis Realistic Mathematics Education untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pengajaran Matematika SMA di Provinsi Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika. Disampaikan dalam kegiatan Seminar Nasional yang Diselenggarakan Oleh Program Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan Bandung pada tanggal 21 Januari 2012

Haji, S & Abdullah, M.I. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal STKIP Siliwangi. DOI : 10.22460/infinity.v5i1.p42-49

Haji, Y. S., & Nirwana, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 76-85.

Hanifah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Limit dan Kekontinuan. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3), 69–81. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr/article/view/16772

Hanifah, H. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Himpunan oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika FKIP Unib. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12304

Herdiansyah, K. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah. Eksponen, 9(1), 28–34. https://doi.org/10.47637/eksponen.v9i1.130

Kurniawan, M. W., & Wuryandani, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar PPKn. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 10–22. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14558

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Kusumawati, E., & Dwi Rizki, N. (2014). Pembelajaran Matematika Melalui Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 260–270. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i2.621

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Martono, K., Eryanto, R., & Noor, F. S. (2007). Matematika dan kecakapan hidup. Ganeca Exact

Nababan, S. A., & Henra Saputra Tanjung. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMA Negeri 4 Wira Bangsa Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia, XI(2), 233–243.

Nathania. (2021). Kaidah Pencacahan. Universitas Krsiten Indonesia

Nikmatur, R. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, 14(1), 63.

Rosydiana, A.-. (2017). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Langkah Pemecahan Masalah Polya. Mathematics Education Journal, 1(1), 54. https://doi.org/10.22219/mej.v1i1.4550

Rusman, (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Safitri, T., Hidayat, W., & Sari, I. P. (2022). Problem Based Learning ( Pbl ) Pada Materi Teorema Pythagoras : Suatu Action Research. 5(3), 885–896. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.885-896

SC, P., Maimunah, M., & Hutapea, N. M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Pemahaman Matematis Peserta Didik. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 800–812. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.286

Schettino, C. (2016). Framework for problem-based learning: Teaching mathematics with a relational problem-based pedagogy. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(2). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1602

Sofyan, D. (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.168

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sumarni, C., & Sumarmo, U. (2016). Penalaran Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa Smp Melalui Pembelajaran Generatif. Edusentris, 3(3), 290. https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i3.239

Sumarmo, U. (2000). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Inteleqtual Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Dasar. Laporan Penelitian FPMIPA IKIP Bandung

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Terhadap. Jurnal Pendidikan Mosharafa, 5(1), 1–10.

Suratmi, S., & Purnami, A. S. (2017). Pengaruh Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.30738/.v5i2.1241

Suriyon, A., Inprasitha, M., & Sangaroon, K. (2013). Students’ Metacognitive Strategies in the Mathematics Classroom Using Open Approach. Psychology, 04(07), 585–591. https://doi.org/10.4236/psych.2013.47084

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktiviki. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yulfitri, Haji, S., & Nirwana. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Berbasis Etnomatematika Rejang Lebong Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 76–85.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Yulitasari, E., Hanifah, & Haji, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dengan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMAIT IQRA Kota Bengkulu. Didactical Mathematics, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4467

Issue

Section

Articles