Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik

Authors

  • Keke Berlinda Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu
  • Hanifah Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4293

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung kemampuan koneksi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah expost de facto. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan koneksi matematis dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMAN 06 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 170 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 63 peserta didik terdiri dari 26 peserta didik laki-laki dan 37 peserta didik perempuan yang berusia 14-15 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung kemampuan koneksi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 16,62%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitri, L & Hasyim, M. (2018). Pengaruh Kemampuan Disposisi Matematis, Koneksi Matematis, Dan Penalaran Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 4(1)

Izzati, N. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Dan Disposisi Matematis Terhadap Hasil Belajar Geometri Bidang Datar Mahasiswa Iain Syekh Nurjati Cirebon. EduMa, 6(2).

Haji, S. 2011. Masalah-Masalah dalam pembelajaran matematika di sekolah saat ini dan penyelesaiannya. http://repository.unib.ac.id/7186/1/B45_SALEH%20HAJI_SEMNAS%20 TDK%20BERPROSIDING_UNIB_2011.pdf. (Diakses tanggal 2 maret 2021)

Haji, S. (2008). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Matematika Realistik Di Kelas 7 Smpn 1 Kota Madya Bengkulu. Didaktika, 9(3), 291-300.

Haji, S. 2008. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah di SMP Kota Bengkulu. Seminar tidak berprosiding. Aceh : Universitas Syiah Kuala.

Hartati, S., Abdullah, I & Haji , S. (2017). Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep, Kemampuan Komunikasi Dan Koneksi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Must: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 2(1), hal 43-72

Kenedi, A.K., dkk. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2).

Mayratih, G., Leton, S & Uskono, I. (2019). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, 1(1), hal 41-49.

Puspitasari, E. (2017). Pengaruh Disposisi Matematis Dan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika . Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1)

Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi, R. (2021). Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 1-12.

Syarifah, F.S.D dkk. (2018). Analisis Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2).

Yumiati & Haji, S. (2018). Ability of students' mathematical connection based on school level in junior high school. Journal of Physics: Conference Series,

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Keke Berlinda, Saleh Haji, & Hanifah. (2023). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Didactical Mathematics, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4293

Issue

Section

Articles