Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik

Authors

  • Berta Panduwinata Universitas Bengkulu
  • Zamzaili Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4291

Keywords:

Literasi matematis, kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, kemampuan pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasaan emosional terhadap pemahaman konsep matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost de facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA N 6 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 170 peserta didik. Sampel penelitian adalah 63 peserta didik kelas X MIPA SMA N 6 Kota Bengkulu yang terdiri dari 23 laki-laki dan 40 perempuan dengan rentang usia 14-15 tahun. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes dan non-tes dengan instrumen lembar angket dan tes soal. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur untuk mengetahui besarnya pengaruh hipotesis. Hasil penelitian yang didapatkan dari pengujian hipotesis rumusan adalah terdapat pengaruh kecerdasaan emosional terhadap pemahaman konsep matematika sebesar 17,321%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Goleman, D. (2002). Working With Emotional Intelligence (terjemahan) Jakarta: PT. Gramedia.

Haji, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pembelajaran Matematika Concept-Rich. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu.

Haji, S. (2019). NCTM’s Principles and Standards for Developing Conceptual Understanding in Mathematics. Journal of Research in Mathematics Trends and Technology, 1(2), 52-60.

Kusmayanti, T. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survei Pada SMP Negeri di Kota Cilegon). ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(3).

Manizar, E. (2016). Mengelola kecerdasan emosi. Tadrib, 2(2), 198-213.

Mutohar, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas IX SMP Negeri 1 Pandanarum Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Nadeak, S., Sinaga, R., & Mahulae, S. (2020). The Effect of Emotional Intelligence on Students’ Mathematics Learning Outcome at Grade IV SD Negeri 173418 Pollung. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 5(1), 182-187. DOI : http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v5i1.8094

Riduwan, & Kuncoro, E. A. (2017). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis Analisis Jalur). Bandung: Penerbit Alfabeta

Sani, H. J., T. M., Malik, A., & Sefrinando, B. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Muaro Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin).

Susanta, A., Susanto, E., & Rusdi, R. (2021). Pelatihan pembuatan alat peraga matematika kreatif berbahan kertas bekas untuk Guru MI Humairah Kota Bengkulu. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 19(1), 1-12.

Susanto, E., Rusdi, R., & Susanta, A. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Masyarakat Bengkulu dalam meningkatkan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(1), 39-49.

Widiantari, N. P. E., Kartono, K., & Ariyani, A. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep Trigonometri Peserta didik Kelas XI MIPA 4 SMAN 11 Semarang Melalui Strategi PQ4R Berbantu Kartu Soal. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 72-78).

Zamzaili. (2010). Konsep Dasar Penilaian Pendidikan. Bengkulu: UNIB Press

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Berta Panduwinata, Zamzaili, & Saleh Haji. (2023). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Didactical Mathematics, 5(1), 38–45. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4291

Issue

Section

Articles