Analisis Profesionalisme Guru Matematika Madrasah Aliyah Negeri

Authors

  • Ice Dwi Novelza Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci
  • Putri Yulia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4025

Abstract

Dunia pendidikan yang semakin berkembang pesat dan semakin kompleksnya persoalan pendidikan yang dihadapi bukanlah tantangan yang tidak boleh dibiarkan begitu saja, akan tetapi harus memerlukan pemikiran yang membangun demi tercapainya kualitas yang baik. Persoalan yang dimaksud diantaranya adalah kompetensi mengajar guru. Guru professional merupakan kemampuan guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik yang memiliki kualifikasi, kompetensi, kepribadian yang baik, mengembangkan etos kerja yang bermutu tinggi, berdedikasi serta mampu membuat inovasi atau trobosan baru dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu seorang guru harus meyakini bahwa pekerjaan yang dilakukan haruslah professional dalam upaya terciptanya proses dan hasil pendidikan yang berkualitas. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap 2 orang guru matematika di MAN 2 Sungai Penuh.metode yang digunakan peneliti adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru matematika MAN 2 Sungai Penuh sudah menjalankan dengan baik perannya sebagai pendidik dalam mengajar dan membimbing peserta didik, serta telah cukup baik dalam menjalankan tugasnya secara profesionalisme sebagai guru atau sebagai pendidik.  Hal tersebut ditunjukkan oleh 7 indikator mengenai frofesionalisme seorang guru.

The world of education which is growing rapidly and the increasing complexity of the educational problems it faces is not a challenge that should not be allowed to go unpunished but requires constructive thinking to achieve good quality. The problem in question is one of the teacher's teaching competence. Professional teachers are the ability of teachers to carry out their duties as educators who have qualifications, competence, and good personality, develop a high-quality work ethic, are dedicated, and can make innovations or breakthroughs in the world of education. Therefore a teacher must believe that the work done must be professional to create quality educational processes and outcomes. Data were collected through observation and interviews conducted by researchers with 2 mathematics teachers at MAN 2 Sungai Penuh. The method used by researchers is a qualitative descriptive research method. And using data source triangulation techniques. The results showed that the math teacher at MAN 2 Sungai Penuh had carried out his role as an educator in teaching and guiding students well, and was quite good at carrying out his duties professionally as a teacher or as an educator. This is shown by 7 indicators regarding the professionalism of a teacher.

Keywords:

Pendidik; Profesionalisme; Inovasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2007), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134, Rineka Apta, Jakarta.

Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Bagindo, R., & Yulia, P. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dengan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 41-48.

Dewi, E. K., & Yulia, P. (2018). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran TAI dan PBI terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 50 Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 42-48.

Dewi, T. A. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Metro, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.148.

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9-19. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02.

Gustina, E., & Anisah, A. (2020). Analisis Profesionalisme Guru di SMK Negeri 1 Kota Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 9(1), 14-19.

Haryani, D., Amelia, F., & Yulia, P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Kombinasi Stad Dan Tgt Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Di Mts Usb Sagulung Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2).

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2022). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454-462.

Kembikbud(2016).Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016. Jakarta.

Malm, B. (2009). Towards A New Professionalism: Enhancing Personal and Professional Development in Teacher Education. Journal of education for teaching, 35(1), 77-91.https://doi.org/https://doi.org/10.1080/02607470802587160.

Nasution, E. Y. P., Pebrianti, D., & Putri, R. (2020). Analisis Terhadap Disposisi Berpikir Kritis Siswa Jurusan IPS Pada Pembelajaran Matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 61-76.

Navia, Y., & Yulia, P. (2017). Hubungan disiplin belajar dan konsentrasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2).

Notoatmodjo, S. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta : Penerbit Rineka Cipta.

Ratnasari, D., & Yulia, P. (2018). Efektivitas model pembelajaran pbldan taiterhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswakelas vii smp negeri 47 batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 1-8.

Sari, R. N., & Yulia, P. (2017). Analisis Hubungan Adversity Quetient terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Universitas Riau Kepulauan. Jurnal Dimensi, 6(3).

Sukardi. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaifulloh, M., & Pranoto, B. A. (2017). Analisis profesionalisme guru, diklat dan prestasi guru terhadap kualitas pendidikan pada Sekbin 3 UPTD Pendidikan Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 17.

Yulia, P. (2015). Hubungan antara motivasi berprestasi dan gaya belajar dengan prestasi belajar mahasiswa pekerja di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Riau Kepulauan Batam. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).

Yulia, P., & Ningsih, S. U. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting dan contextual teaching and learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 56-62.

Yulia, P., Febriza, E., & Erita, S. (2021). Development Of Etnomathematics Based Flat Building Handouts for Students Class VII SMP: Pengembangan Handout Bangun Datar Berbasis Etnomatematika untuk Siswa Kelas VII SMP. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 207-221.

Downloads

Abstract Views : 170
Downloads Count: 105

Published

2023-04-08

How to Cite

Novelza, I. D., & Yulia, P. (2023). Analisis Profesionalisme Guru Matematika Madrasah Aliyah Negeri. Didactical Mathematics, 5(1), 74–80. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4025

Issue

Section

Articles