Analisis Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Berhitung Siswa Kelas 1 SD di Kecamatan Baros Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.4001Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru Sekolah Dasar Kelas 1 dalam mengatasis kesulitan berhitung dalam pembelajaran matematika Penelitiaan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif yang bersifat naturalistik karena penelitian dilakukan pada kondisi alamiah yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data Dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara. Analisa data dilakukan dengan menganalisa data melalui proses pengumpulan data, penajian data, verifkasi data dan kesimpulan data. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi waktu dan triangulasi sumber yaitu dengan cara memeriksa kembali informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil penelitiannya yaitu pada umumnya guru menggunakan benda-benda konkrit karena usia 7-11 tahun itu masa operasional konkrit, menggunakan anggota tubuh ketika menjelaskan angka juga termasuk kedalam benda konkrit dan bahkan biasanya guru menggunakan nyanyian ketika menjelaskan soal berhitung pada siswa kelas rendah terutama pada anak kelas I SD.
Kata Kunci:
Kesulitan Berhitung;, Strategi Guru, Pembelajaran MatematikaUnduhan
Referensi
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.
Budio, S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 56–72.
Chan, F., Pamela, I. S., Sinaga, I. S., Mesariani, M., Oktarina, R., & Julianti, M. (2019). Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Di Sekolah Dasar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 173. https://doi.org/10.24252/auladuna.v6i2a8.2019
Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.689
Dewi, T. A. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivasi Kerja Guru Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(1), 24–35.
Ernawati, D. (2017). peran guru kelas dalam menangani kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III di sd negeri SURYODININGRATAN I YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017 Dwi. 13–14.
Fatimah, F., & Kartikasari, R. D. (2018). Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa. Pena Literasi, 1(2), 108. https://doi.org/10.24853/pl.1.2.108-113
Fatmawati, N. I. A. (2014). Peningkatan kemampuan berhitung melalui pendekatan. Jurnal Pendidikan Usia Dini, Volume 8(Edisi 2), 315–326.
Hendri, E. (2010). Guru Berkualitas: Profesional dan Cerdas Emosi. Jurnal Saung Guru, 1(2), 1–11.
Junaidah. (2015). Strategi Pembelajaran Dalam Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 120.
Mardiah, M., & Rifa’i, A. (2020). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Ummul Qura. Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 35–64. https://doi.org/10.37216/badaa.v2i1.288
Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33. https://doi.org/10.30595/dinamika.v10i1.4049
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12(33), 145–151.
Moha, I., & sudrajat, D. (2019). Resume Ragam Penelitian Kualitatif. https://doi.org/10.31227/osf.io/wtncz
Muhlison, O. (2014). GURU PROFESIONAL (Sebuah Karakteristik Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam). Jurnal Darul ’Ilmi, 02(02), 46–60.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Putra, N. P. S. W., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas II Pada Implementasi Kurikulum 2013 Di SD Se-Kecamatan Buleleng. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 3(1), 1–11.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sari, E. Y., & Windari, G. E. (2019). Analisis Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas IV Di SDN II Geger Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV(1), 111–124.
Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. JurnaL Seni Rupsa, 8(1), 120. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878
Yeni, E. M., & Almuslim, U. (2015). KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR Ety. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.