Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3553Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negri 17 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random sampling dimana kelas VIII G berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII E berjumalah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar atau posttest yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 58.63 dan kelas kontrol adalah 48.33, kemudian dilakukan uji t-tes one tail diperoleh nilai yakni 2.209 > 1.672. sehingga dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional
Keywords:
Learning Outcomes, , Problem Based LearningDownloads
References
Amelia, D., Susanto, & Fatahillah, A. (2015). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi UNEJ, 1, 1–4.
Djamaludin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaram. PT. Remaja Rosdakarya.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (3rd ed.). Refika Aditama.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160
Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Ghalia Indonesia.
Widarsa, I. W. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 332. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21816
Yanti, A. H. (2017). Peneraan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 6–18. https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.3696
Zamzaili. (2010). Konsep Dasar Penilaian Pendidikan. Unib Press.
Zuriyatina, R., Anom, K. W., & Sari, D. K. (2021). Validitas Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi STEM-PBL , Pakan Jeroan Ikan Untuk Ikan Lele. 2, 48–55.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.