Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

  • Miftakhul Janah Khoiriyah Universitas Bengkulu
  • Zamzaili Zamzaili
  • Hari Sumardi

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3553

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negri 17 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2021/2022. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Simple Random sampling dimana kelas VIII G berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VIII E berjumalah 30 peserta didik sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran Konvensional. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes hasil belajar atau posttest yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen adalah 58.63 dan kelas kontrol adalah 48.33, kemudian dilakukan uji t-tes one tail diperoleh nilai  yakni 2.209 > 1.672. sehingga dapat disimpulkan bahwa  Hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih tinggi dari hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional

Keywords:

Learning Outcomes, , Problem Based Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, D., Susanto, & Fatahillah, A. (2015). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi UNEJ, 1, 1–4.

Djamaludin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaram. PT. Remaja Rosdakarya.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (3rd ed.). Refika Aditama.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 6(2): 149-160

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367

Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Ghalia Indonesia.

Widarsa, I. W. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 332. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i3.21816

Yanti, A. H. (2017). Peneraan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(2), 6–18. https://doi.org/10.33369/jpmr.v2i2.3696

Zamzaili. (2010). Konsep Dasar Penilaian Pendidikan. Unib Press.

Zuriyatina, R., Anom, K. W., & Sari, D. K. (2021). Validitas Modul Pembelajaran Kimia Terintegrasi STEM-PBL , Pakan Jeroan Ikan Untuk Ikan Lele. 2, 48–55.

Downloads

Abstract Views : 225
Downloads Count: 233

Published

2022-10-31

How to Cite

Khoiriyah, M. J., Zamzaili, Z., & Sumardi, H. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar . Didactical Mathematics, 4(2), 424–431. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3553