Pengaruh Self Efficacy, Disposisi Matematis, dan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik

Authors

  • Gustia Putri Lestari Universitas Bengkulu
  • Zamzaili
  • Saleh Haji

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3538

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis adanya pengaruh 1) self efficacy terhadap penalaran matematis, 2) disposisi matematis terhadap penalaran matematis, 3) koneksi matematis terhadap penalaran matematis, dan pengaruh secara simultan self efficacy, disposisi matematis, dan koneksi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian expost de facto dengan instrumen penelitian berupa tes dan angket. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XII SMA IT IQRA Kota Bengkulu, SMAN 11 Kota Bengkulu, dan SMA Idhata Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel penelitian terdiri atas 65 peserta didik kelas XII IPA SMA IT IQRA Kota Bengkulu, 54 peserta didik SMAN 11 Kota Bengkulu, dan 6 peserta didik SMA Idhata Kota Bengkulu. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh self efficacy terhadap penalaran matematis dengan koefisien jalur sebesar 0,245, 2) terdapat pengaruh disposisi matematis terhadap penalaran matematis dengan nilai koefisien jalur 0,179, 3) terdapat pengaruh koneksi matematis terhadap penalaran matematis dengan nilai koefisien jalur 0,251, 4) terdapat pengaruh secara simultan self efficacy, disposisi matematis, dan koneksi matematis terhadap kemampuan penalaran matematis sebesar 0,266.

Keywords:

Self Efficacy;, Mathematical Disposition; , Mathematical Connection; , Mathematical Reasoning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, I. W. (2014). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika Stkip Siliwangi Bandung, 3 (1), 125-132.

Ashari, S.R., Mulyono, Mariani, S. (2021). The Ability of Mathematical Reasoning and Self Efficacy Students in Learning Project Based Learning Assisted Moodle. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 10 (2).

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir, 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Hadiat, H. L., & Karyati. (2019). Hubungan kemampuan koneksi matematika, rasa ingin tahu dan self-efficacy dengan kemampuan penalaran matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6 (2).

Hadiat, H. L., & Karyati. (2019). The Relation Between Mathematical Connection Ability and Mathematical Reasoning Ability Of Senior High School Student. 1st International Seminar STEMEIF (Science, Technology, Engineering and Mathematics Learning International Forum) Purwokerto.

Haji, S. (2009). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Melalui Pembelajaran Thinking Classroom In Mathematics. Seminar Nasional.

Haji. S. (2012). Model Bahan Ajar Matematika SMA Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pengajaran Matematika SMA di Provinsi Bengkulu. Seminar Nasional Program Magister Pendidikan Matematika Universitas Pasundan Bandung.

Haji, S., dkk. (2017). Developing Students ’ Ability Of Mathematical Connection Through Using Outdoor Mathematics Learning. Journal of Mathematics Education, 6(1), 11–20.

Hashemi, N., Abu, M. S., Kashefi, H., & Rahimi, K. (2013). Generalization in the learning of mathematics. Second International Seminar on Quality and Affordable Education (ISQAE). https://educ.utm.my/wp-content/uploads/2013/11/291.pdf

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. JPMI–Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3 (2), 99-108.

Kusmaryono, I., Suyitno, H., Dwijanto, D., & Dwidayati, N. (2019). The Effect of Mathematical Disposition on Mathematical Power Formation: Review of Dispositional Mental Functions. International Journal of Instruction, 12(1), 343-356. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12123a

Lestari, I., & Andinny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6 (1).

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mukuka, A., Mutarutinya, V., & Balimuttajjo, S. (2021). Mediating Effect of Self-Efficacy on the Relationship between Instruction and Students’ Mathematical Reasoning. Journal on Mathematics Education, 12(1), 73-92.

National Council of Teacher of Mathematics. 2009. Focus in high school mathematics: Reasoning and sense making. Retrieved from http://goo.gl/M9GiWU

Ningrum, Herlina U., Mulyono, Isnarto, & Wardono. (2019). Pentingnya Koneksi Matematika dan Self Efficacy Pada Pembelajaran Matematika SMA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, 679-686.

NCTM. 2000. Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 tahun 2016. Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Profitasari, A., Darmono P.B., & Maryam, I. (2020). Hubungan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Ekuivalen, 43(1).

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3).

Putri Vira Viranty. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Riduwan dan Engkos Achmad Kuncoro.2017. Cara Mudah Menggunakan Dan Memaknai Path Analysis (Analisis Jalur) Lengkap Dengan Contoh Tesis Dan Perhitungan Spss 17.0. Bandung: Alfabeta.

Rozali Yuli Azmi. (2015). Hubungan Efikasi Diri Akademik dan Dukungan Sosial Orangtua Dengan Penyesuaian Diri Akademik Pada Mahasiswa Ueu Jakarta. Jurnal Psikologi, 13(2).

Stylianides, A. J., & Stylianides, G. J. (2006). Content Knowledge For Mathematics Teaching: The Case Of Reasoning And Proving. Proceedings 30th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 5, 201-208.

Umaroh, S., Yuhana, Y., & Hendrayana, A. (2020). Pengaruh Self-Efficacy dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. WILANGAN, 1(1).

Zamzaili. 2010. Konsep Dasar Penilian Pendidikan. Bengkulu: UNIB Press.

Downloads

Abstract Views : 536
Downloads Count: 468

Published

2022-10-23

How to Cite

Gustia Putri Lestari, Zamzaili, & Saleh Haji. (2022). Pengaruh Self Efficacy, Disposisi Matematis, dan Koneksi Matematis Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Didactical Mathematics, 4(2), 399–412. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3538