Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Authors

  • Rivqy Ramadhani Putra Dipha Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Sutirna Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.3447

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis HOTS berupa modul untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan bahan ajar berdasarkan delapan langkah pengembangan bahan ajar menurut Kosasih yang terdiri dari analisis kebutuhan kelompok sasaran, perumusan kompetensi dasar dan telaah kurikulum, merumuskan sistematika bahan ajar, pengumpulan sumber, pengembangan bahan ajar, validasi ahli, uji coba terbatas, dan revisi. Penelitian dilakukan kepada siswa SMA kelas X di SMA Negeri 3 Karawang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan wawancara, angket validasi dan respons siswa, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar yang dilakukan, diperoleh modul matematika trigonometri berbasis HOTS yang valid dan praktis. Hasil dari validasi ahli materi dan pembelajaran, modul yang dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 87,76% dengan kriteria “Baik sekali” dan validasi ahli media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 86,6% dengan kriteria “Baik Sekali”. Hasil uji coba respons siswa untuk mengetahui kepraktisan modul juga mendapatkan kriteria “Baik Sekali” dengan nilai rata-rata 87%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa luaran dalam penelitian ini yaitu modul matematika trigonometri berbasis HOTS untuk kelas X memiliki kriteria valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, & Lastuti, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 191–197. https://doi.org/10.15294/KREANO.V9I2.16341

Anjani, Y. F. (2017). Analisis Kemampuan Bepikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson Dan Krathwohl Pada Peserta Didik Kelas XI Bilingual Class System MAN 2 Kudus Pada Pokok Bahasan Program Linier.

Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan (F. Yustianti, Ed.; 2nd ed.). Bumi Aksara.

Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy Of Educational Objectives The Classification of Educational Goals Handbook 1 Cognitive Domain (B. S. Bloom, Ed.). David McKay Companiy, Inc.

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. ASCD. www.ascd.org/memberbooks

Daryanto, Dwicahyono, A., & Purwanto, D. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran: (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Gava Media.

DEVELOPMENT | meaning in the Cambridge English Dictionary. (n.d.). Retrieved December 6, 2021, from https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/development

Development Definition & Meaning - Merriam-Webster. (n.d.). Retrieved December 6, 2021, from https://www.merriam-webster.com/dictionary/development

Hapsari, A. I. (2016). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan Development Of Teaching Materials Based On Contextual Video To Improve The Student Higher Order Thingking Skills Of Animal Physiology Course. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 94–101.

Index - National Council of Teachers of Mathematics. (n.d.). Retrieved December 6, 2021, from https://www.nctm.org/

Kementrian Pendidikan dan kebdayaan. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). UNDANG-UNDANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL 1. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL.

Kholiq, A., & Faridah, D. F. (2019). Pencapaian High Order Thingking Skills (Hots) dalam Membaca Pemahaman Mahasiswa Universitas Islam Lamongan. Jurnal Pendidikan, 2(2).

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. PT. Bumi Aksara.

Krathwohl, D. R., Anderson, L. W., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., Raths, J., & Wittrock, M. C. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching, And Assessing: A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives (D. R. Krathwohl, Ed.). Adison Wesley Longman, Inc.

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142–155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058

Lestari, K. E. & Y. M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. PT Refika Aditama.

Megawati., Wardani, A. K., Hartatiana., (2018). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 15-24. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6815.15-24.

Mufit, M., Wrahatnolo, Tri., (2020). Faktor yang Mempengaruhi dan Cara Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK Kompetensi Keahlian TITL. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(2), 411-403.

Nugroho, R. A. (2021). HOTS (Kemampuan Bepikir Tingkat Tinggi) Edisi Revisi (1st ed.). PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan ajar Inovatif (1st ed.). Diva Press.

Ramadhan, G., Dwijananti, P., Wahyuni, S., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skills) Menggunakan Instrumen Two Tier Multiple Choice Materi Konsep Dan Fenomena Kuantum Siswa Sma di Kabupaten Cilacap. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3), 85–90. https://doi.org/10.15294/UPEJ.V7I3.27682

Sadiman, A. S. (2011). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan pemanfaatannya. Rajawali Pers.

Sofiyah, S., Susanto, & Setiawani, S. (2015). Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Matematika Berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom Pada Siswa Kelas V SD. Artikel Ilmiah Mahasiswa, I(1), 1–7.

Stanny, C. J., & Albright, J. (2016). Reevaluating Bloom’s Taxonomy: What Measurable Verbs Can and Cannot Say about Student Learning. Education Science (MDPI), 6(37). https://doi.org/10.3390/educsci6040037

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). CV Alfabeta.

Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78–85. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78

TKT (Teaching Knowledge Test) | Cambridge English. (n.d.). Retrieved December 6, 2021, from https://www.cambridgeenglish.org/teaching-english/teaching-qualifications/tkt/

Downloads

Abstract Views : 296
Downloads Count: 222

Published

2023-04-01

How to Cite

Dipha, R. R. P., Sutirna, & Adi Ihsan Imami. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Didactical Mathematics, 5(1), 54–63. https://doi.org/10.31949/dm.v5i1.3447

Issue

Section

Articles