Pengaruh Pembelajaran Concept-Rich dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Authors

  • Sasmita Mutiara Universitas Bengkulu
  • Saleh Haji
  • Zamzaili

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah siswa yang mempelajari barisan aritmatika dan barisan geometri menggunakan pembelajaran concept rich dengan pendekatan open-ended memiliki kemampuan berpikir kreatif yang berbeda dengan siswa yang mempelajari materi yang sama melalui pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.Siswa dari kelas XI IPA SMA IQRA di Kota Bengkulu menjadi Populasi dalam penelitian ini. XI IPA 2 adalah kelas eksperimen, sedangkan XI IPA 4 adalah kelas kontrol dalam penelitian ini. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Regresi Linear Sederhana. Temuan penelitian ini berdasarkan uji regresi secara signifikansi menunjukkan angka 0,00 < 0,05 dimana nilai fhitung 0,609 < Ftabel 2,01 maka terdapat pengaruh yang signifikansi pada pembelajaran concept rich dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif. Sedangkan secara koefisien dari persamaan regresi sederhana kemampuan berpikir kreatif yaitu Y = 4,926 + 0,616X yang dimana nilainya sebesar 0,616 yang berarti bahwa setiap penambahan 1% pembelajaran concept rich dengan pendekatan open ended maka kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat sebesar 0,616. Maka terdapat pengaruh pembelajaran concept rich dengan pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.

Keywords:

Concept Rich; Open Ended; Kemampuan Berpikir Kreatif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damayanti, H & Sumardi. (2018). Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Problem. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3 (1), 94-102

Haji, S. (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Melalui Pembelajaran Matematika Concept Rich. Proceeding Of Seminar Nasional, Bengkulu: 14 maret 2014. Hal.3-10

Haji,S&Yumiati.(2011).Mengembangkan Kemampuan Berpikir Asli Melalui Pembelajaran generative dengan Pendekatan Open-Ended. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Khafiyanti, Zalfia. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Conceptrich Intructions Bernuansa Islam Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan Lampung

Lestari, K. E. & Y. M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika: Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis.Bandung:PT Refika Aditama

Murni, S., Bernard, M., Ruqoyyah, S., & Chotimah, S. (2020). PGSD student’s mathematical creative thinking skills judging from creativity quotations by making vba-based teaching. In Journal of Physics: Conference Series, 1521(3)

Noer,S.H.(2011).Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah open-ended. Jurnal: Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. 5(1).

Nurina, dkk. (2013). Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem Posing Dan Pendekatan Open-Ended Ditinjau Dari HOTS. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika,10 (2)

Rahmawati, Helda. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta:ALFABETA

Zamzaili.(2010).Konsep Dasar Penilian Pendidikan. Bengkulu: UNIB Press

Downloads

Abstract Views : 199
Downloads Count: 158

Published

2022-10-22

How to Cite

Mutiara, S., Haji, S., & Zamzaili. (2022). Pengaruh Pembelajaran Concept-Rich dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Didactical Mathematics, 4(2), 380–387. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3418