Systematic Literature Review: Implementasi Pembelajaran Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Karakter Cinta Budaya Lokal

Authors

  • Aulia Ika Nurhayati Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Eko Susilo

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3359

Abstract

Di tengah gempuran globalisasi pada abad ke-21 ini pendidikan harus melakukan inovasi dalam pembelajaran, untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan menumbuhkan karakter cinta budaya lokal, salah satunya dengan implementasi etnomatematika dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi etnomatematika dalam pembelajaran terhadap pengembangan kemampuan pemecahan masalah matematis dan karakter cinta budaya lokal. Penelitian dilakukan dengan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk artikel yang terbit pada tahun 2015-2021 tentang etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan karakter cinta budaya lokal. Terdapat 15 artikel nasional atau internasional yang diperoleh dari database Google Scholar dan Scopus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran etnomatematika secara efektif dapat membantu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa serta karakter cinta terhadap budaya lokal, implementasinya digunakan sebagai pendekatan yang melekat pada model pembelajaran dan media pembelajaran.

Keywords:

Etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Karakter Cinta Budaya Lokal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, D. I., Mastur, Z., & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII. UJME : Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3).

Anam, S., & Zahroh, N. (2022). Media Mind Map dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(1), 141–150.

Aulia, F., Dianti, S. P., Utami, W. B., & Sina, I. (2019). Ethnomathematics-Based Contextual Learning with Interactive Media to Improve Mathematics Problem Solving. Jurnal Pendidikan MIPA, 20(2), 39–45.

Bahri, S. P., Zaenuri, & Sukestiyarno, Y. I. (2018). Problem Solving Ability on Independent Learning and Problem Based Learning with Based Modules Ethnomatematics Nuance. UJMER : Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(2), 218–224.

Cahyaningrum, N., & Sukestiyarno, Y. (2016). Pembelajaran React Berbantuan Modul Etnomatematika Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. UJMER : Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 50–59.

Daryanto, D., Syaiful, K., & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media.

Geni, P. R. L., & Hidayah, I. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. UJMER : Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 11–17.

Hasibuan, M. J., & Aslami, N. (2022). The Impact of Changes in Globalization of Life in Indonesia. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 1(2), 221–224.

Hibatullah, F. A. (2022). Pengaruh Globalisasi Terhadap Pembangunan Karakter Generasi Muda Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 10(1), 1–9.

Hidayati, N., & Abdullah, A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 215–224.

Hidayati, R., & Restapaty, R. (2019). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Etnomatematika Motif Kain Sasirangan terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Cinta Budaya Lokal Siswa. SENPIKA II : Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Jaswandi, L., & Mustamiin, M. Z. (2018). Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. REALITA: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Konseling, 3(5).

Kartono, & Sarah, C. R. (2022). Efektivitas Implementasi Double Loop Problem Solving Berbantuan E-Modul Etnomatematika pada Pemecahan Masalah. Prosiding Pendidikan Matematika Dan Matematika Volume 5, 5.

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206.

Meilani, M., & Maspupah, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah SD Pada Materi KPK dan FPB. Journal on Education, 2(1), 25–35.

Nofitasari, L., Mastur, Z., & Mashuri. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Bernuansa Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education., 5(1), 54–61.

Nugraha, A., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Sistem Persamaan Linier. Journal On Education, 4(1), 179–187.

Nur, A. S., Waluya, S. B., Rochmad, R., & Wardono, W. (2020). Contextual Learning with Ethnomathematics in Enhancing the Problem Solving Based on Thinking Levels. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 331–344.

Nuriyati, & Supriadi. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Etnomatematika Sunda dengan Media Congklak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15473–15481.

Paramartha, I. G. L., Suharta, I. G. P., & Parwati, N. N. (2020). Penerapan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Etnomatika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Membangun Karakter Positif. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 30–40.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.

Ratuanik, M., & Nay, F. (2017). Study of Project Based Learning with Scientific Approach of Ethnomathematic to Improve Problem Solving Ability. Proceedings The 2017 International Conference on Research in Education, June, 241–256.

Saryanto, Martini, M., Hasan, M., Soni, A., & Theriana, A. (2022). Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi pada OBE (Outcome-Based Education) di Pendidikan Tinggi (N. Sumerti (ed.)). Penerbit Media Sains Indonesia.

Setiana, D. S., Pardimin, P., Ayuningtyas, D., Supriadi, D., & Nisa, F. (2021). Gemstones as Ethnomathematical Object in e-LKPD which is Used in Analyzing the Ability to Solve Story Questions. The 3rd International Conference on Technology, Education and Science, 135–141.

Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344.

Supriyanti, Mastur, Z., & Sugiman. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran ARIAS Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 135–141.

Supriyanti, S., Mastur, Z., Of, S. S.-U. J., & 2015, U. (2015). Keefektifan model pembelajaran arias berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII. Journal.Unnes.Ac.Id.

Suryapuspitarini, B. K., & Dewi, N. R. (Nino A. (2018). Problem Solving Ability Viewed From The Adversity Quotient on Mathematics Connected Mathematics Project Learning (CMP) With Etnomathematics Nuanced. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(2), 123–129.

Tamin, K. B., Ubadah, U., & Mashuri, S. (2022). Tantangan Pendidikan dalam Era Abad 21. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana, 1, 338–342.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175.

Zaenuri, Kurnia, B., Dewi, N. R., & Dwidayati, N. (2019). Ethnomathematics CMP Learning-Teaching Model for Improving Capabilities in Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series.

Zaenuri, Mukeriyanto, & Mulyono. (2020). Cooperative Learning Model with Ethnomathematics Nuances to Improve The Love of Local Culture and Ability of Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1567(3).

Downloads

Abstract Views : 1098
Downloads Count: 986

Published

2022-10-17

How to Cite

Nurhayati, A. I., & Susilo, B. E. (2022). Systematic Literature Review: Implementasi Pembelajaran Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Karakter Cinta Budaya Lokal. Didactical Mathematics, 4(2), 368–379. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3359