Perbedaan Motivasi dan Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Multimedia Collaborative-Interactive (Co-Interactive) Pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3113Abstract
Masa pandemic merupakan masa peralihan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. dari perubahan tersebut, banyak masalah yang timbul terutama dalam pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika harus dikemas dengan menarik dan menggunakan model pendukung. Salah satu alternative adalah model multimedia collaborative interaktif, dimana pembelajaran menggunakan fasilitas zoom meeting, learning management system dan youtube. Penelitian dilakukan terhadap dua kelompok kelas, yaitu untuk kelas eksperimen adalah kelas regular 1 dengan menerapkan pembelajaran menggunakan multimedia collaborative interaktif, sedangkan pembelajaran konensional diberikan terhadap mahasiswa kelas regular 2 atau kelas karyawan. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis motivasi dan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa melalui pembelajaranmultimedia collaborative interaktif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar matematika dengan menerapkan multimedia collaborative interaktif serta kemampuan berpikir kreatif mahasiswa lebih baik dengan menerapkan multimedia collaborative interaktif dibandingkan dengan pembelajaran kovensional dan bepusat pada pendidik.
Downloads
References
A.M., Sardiman. 2008. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo. Persada: Jakarta
Huriyanti L, Rosiyanti H. Perbedaan Motivasi Belajar Matematika Siswa Setelah Menggunakan Strategi Pembelajaran Quick on the Draw. FIBONACCI J Pendidik Mat Dan Mat 2017;3:65–76.
Noer SH. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. J Pendidik Mat 2011;5:100.
Nurmuiza I, Maonde F, Sani &asrul. Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMAN The Effect of Motivation on Mathematics Learning Outcomes High school student. Pendidik Mat 2015;6.
Pratomo E. Peningkatan Motivasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Ii Setren Tahun Pelajaran 2009/2010. Το Βημα Του Ασκληπιου 2010;9:76–99.
Prastika, V. Y. A., Riyadi, & Mahasiswanto. (2021). Analysis of mathematical creative thinking level based on logical mathematical intelligence. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1).
Putri CA, Munzir S, Abidin Z. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain-Based Learning. J Didakt Mat 2019;6:13–28. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.9608.
Rosnelli (2009). Implementasi Model Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Kompetensi Teknik Digital Smk Untuk Menangani Perbedaan Individual Siswa. GENERASI KAMPUS, Volume 2, Nomor 2
Sari, D. M., Ikhsan, M., & Abidin, Z. (2018). The development of learning instruments using the creative problem-solving learning model to improve students’ creative thinking skills in mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1088
Suryanto, 2003. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Andi : Yogyakarta.
Sugiyono (2015) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA Bandung
Wulan, 2007,” Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di MI Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2014/2015. Prossiding Seminar Nasional. Etnomatnesia
Yayuk, E., Purwanto, As’Ari, A. R., & Subanji. (2020). Primary school students’ creative thinking skills in mathematics problem solving. European Journal of Educational Research, 9(3), 1281–129
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Didactical Mathematics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.