Pengaruh Model Realistic Mathematic Education Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Erni Nurjanah STKIP Bina Mutiara Sukabumi
  • Ardi Cahyadireja
  • Nisfa Ajmaliah

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2912

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa di SD Negeri 2 Kebonpedes. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media audio visual terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen semu, desain pada penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel pertama pada penelitian ini adalah kelas IV SDN 2 Kebonpedes yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan sampel kedua yaitu kelas IV SDN 1 Kebonpedes yang berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Data kemampuan komunikasi matematis siswa diukur melalui instrument tes, untuk menganalisis data dalam penelitian ini digunakan uji statistik yaitu uji independent sample t-test. berdasarkan hasil uji-t menunjukan nilai Sig = 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan media audio visual terhadap kemampuan komunikasi matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani, D. N. (2017). Strategi Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SD/MI. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 96–107. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnalmuallimuna/article/view/958

Ariawan, R., & Nufus, H. (2017). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematic), 1(2), 82–91.

Armania, M., Eftafiyana, S., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Minat Belajar Siswa Smp Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematic Education. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1087. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1087-1094

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47. https://doi.org/10.51179/asimetris.v2i2.811

Ferdianto, F. (2016). Media Audio Visual Pada Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas Ix. Euclid, 2(2), 306–314. https://doi.org/10.33603/e.v2i2.365

Hayati, N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160–180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Herawati, Kasmad, M., & Widodo, S. (2021). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia , Purwakarta Universitas Pendidikan Indonesia , Purwakarta Universitas Pendidikan Indonesia , Purwakar. 2(1), 997–1004.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541.

Kanastren, O. R., Bintoro, H. S., & Zuliana, E. (2018). Pendekatan RME Berbantuan Alat Peraga Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD Sambiroto. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 195. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.609

Melawati, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(2), 44–49. https://doi.org/10.37150/jp.v3i2.800

Muslimin, Putri, R. I. D., & Somakim. (2012). Desain Pembelajaran Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Tradisional Congklak Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 100–112.

Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 23–31. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i2.31

Natasia, E. D., Robandi, B., & Fitriani, A. D. (2020). Penerapan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(11), 139–147.

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Nugroho, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Statistika pada Peserta Didik Kelas XI TP3RP SMK Negeri 1 Kendal Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 213. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.620

Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.772.2019

Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744

Downloads

Abstract Views : 384
Downloads Count: 314

Published

2022-09-19

How to Cite

Nurjanah, E., Cahyadireja , A., & Ajmaliah, N. (2022). Pengaruh Model Realistic Mathematic Education Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Didactical Mathematics, 4(2), 345–354. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2912