Meningkatkan Penguasan Materi Program Linear Dua Variabel Melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Media Geogebra

Authors

  • Djatmiko

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2411

Keywords:

Student Teams Achievement Divisions Geogebra, Program Linear Dua Variabel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Program Linear Dua Variabel bagi siswa Kelas XI IPS 2 di SMA Negeri 23 Bandung melalui pemanfaatan Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media geogebra. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan Alat Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan  Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan media geogebra juga dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika di kelas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi, cetakan 7). Jakarta: Bumi Aksara
Arsini, N. W., & Sutriyanti, N. K. (2020). Internalisasi Nilai Pendidikan Karakter Hindu Pada Anak Usia Dini. Yayasan Gandhi Puri.
Asma, N. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi
Fitriana, L. (2010). Pengaruh model pembelajaran cooperative tipe group investigation (gi) dan stad terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Tesis.
Isjoni (2016). Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. N. (2020). Media Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital: Systematic Literature Review di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 131–140. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.131-140
Mahmudah, K. S., & Fathani, A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Development of Mathematics Teaching Materials with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach on Linea. 3(1).
Mulyasa. (2004). Menjadi Guru professional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompentensi Inti dan Kompetensi Dasar.
Riduwan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Saputro, B. A., Prayito, M., & Nursyahidah, F. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 34. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.3757
Sari, D., Mulyono, M., & Sri Noor Asih, T. (2019). Mathematical Problem Solving Ability Viewed from Extrovert Introvert Personality Types on Cooperative Learning Models Type Rally Coach. Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 141–146.
Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY .Press.
Suryabrata, S. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suryobroto. (1997). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publlisher.
Yoel, I.(2018). Cara Mudah Menguasai GeoGebra Sebagai Media Pembelajaran Matematika I. Banjar Masin: Barito Style.
Wiriaatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Djatmiko. (2022). Meningkatkan Penguasan Materi Program Linear Dua Variabel Melalui Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Media Geogebra . Didactical Mathematics, 4(1), 253–266. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2411

Issue

Section

Articles