Penerapan Assesmen Portofolio Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa

Authors

  • Karyono

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2402

Keywords:

Assesmen portofolio, pemecahan masalah, koneksi matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui mana yang lebih baik peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis antara siswa yang memperoleh penerapan assesmen portofolio dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini juga untuk mengetahui implementasi assesmen portofolio dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode mix method dengan strategi embedded konkuren, merupakan metode penelitian yang mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 2 Indramayu dan mengambil dua sampel dari kelas X secara acak. Instrumen yang digunakan meliputi soal tes kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis, skala sikap untuk mengetahui sikap siswa, observasi dan wawancara untuk mengetahui kekeliruan jawaban siswa dan implementasi assesmen portofolio. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa yang memperoleh assesmen portofolio dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 2) terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa yang memperoleh assesmen portofolio dilihat dari kemampuan awal matematika (tinggi, sedang dan rendah). 3) Sikap siswa positif setelah menggunakan assesmen portofolio. 3) Dalam menyelesaikan soal-soal tes kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis terdapat penurunan kesalahan, kekeliruan pada kelas yang menerapkan assesmen portofolio. 4) Implementasi assesmen portofolio dalam pembelajaran matematika berjalan dengan baik, dapat menciptakan siswa aktif dalam diskusi kelompok dan siswa tertantang menyelesaikan soal-soal matematika melalui kumpulan tugas-tugas yang terstruktur.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, M. (2013). Pengaruh Penerapan Asesmen Portofolio Terhadap Kemampuan dan Pemahaman Matematika Siswa dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap Sikap Siswa Dalam Matematika. Tesis pada UPI: tidak diterbitkan
Amir, M.T. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). 2006. Tujuan Pendidikan Matematika. Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Isi. Jakarta: Permendiknas 22 tahun 2006
Fajar, A. (2002). Portofolio dalam Pelajaran IPS. Bandung: Remaja Rosda Karya
Hamid, S. (2011). Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Jogjakarta: Diva press
Herlina, E. H. (2011). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Tesis pada FPS Unpas: tidak diterbitkan
Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI. (2010). Bahan Ajar Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI
Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosda Karya
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya
Permana, Y dan Sumarmo, U. (2007). “Mengembangkan kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Educationist. Vol 1 (2), 116-123.
Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Rusmono. (2012). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Ghalia Indonesia
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Wahyudin. (2012). Filsafat dan Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Mandiri

Downloads

Published

2022-04-29

How to Cite

Karyono. (2022). Penerapan Assesmen Portofolio Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis Siswa. Didactical Mathematics, 4(1), 219–229. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2402

Issue

Section

Articles