Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aturan Rantai Pada Materi Turunan Fungsi Trigonometri
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2398Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mebgetahui kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pada materi Turunan Fungsi Trigonometri, khususnya pada subbab aturan rantai.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 November 2021 di MA Negeri 2 Karawang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian sebanyak tiga peserta didik. Penelitian ini adalah penelutian kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis. Hasil pada penelitian ini adalah peserta didik melakukan kesalahan konsep 33,3%, kesalahan perhitungan 33,3%, dan 33,3% adalah peserta didik yang bisa menjawab soal dengan konsep dan perhitungan dengan benar. Faktor penyebab peserta didik melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi turunan fungsi trigonometri khususnya pada subbab aturan rantai adalah peserta didik tidak memahami konsep turunan fungsi triginometri ini secara mendalam, tidak mengingat rumus turunan, rerkecoh dengan soal aturan rantai, dimana aturan rantai ini ada beberapa tahap dalam pengoperasiannya, dan juga peserta didik sering keliru dalam operasi baik penjumlahan, pengurangan, perkalian ataupun pembagian.
Unduhan
Referensi
Aziz, A., Ahyan, S., & Fauzi, L. M. (2016). Implementasi model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui Lesson Study. Jurnal Elemen, 2(1), 83-91. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.179
Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pers.
Puspitasari, E., Yusuf, E., & Nugraha, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di Smp Echy Puspitasari, Edy Y, Asep N Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UNTAN, Pontianak. Universitas Tanjungpura, 1–9.
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639
Weiss, H. G., & Weiss, M. S. (1988). Learning to learn. Intervention in School and Clinic, 24(1), 57–62. https://doi.org/10.1177/105345128802400109
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.