Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Serlina Serlina
  • Jajang Rahmatudin
  • Desy Lusiyana

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2362

Keywords:

Penelitian dan Pengembangan; Media Pembelajaran; GeoGebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran matematika berbantuan GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan (2) Mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas dari pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan GeoGebra untukmeningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa. Hal itu dikarenakan fokus siswa yang hanya pada materi ajar sehingga perlu adanya penggunaan media pembelajaran yang interaktif dalam proses pembelajaran guna menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa ketika belajar matematika. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMPN Negeri 2 Sumber dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-C sebanyak 10 orang. Tahap uji validitas produk dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media, serta untuk uji praktikalitas dilakukan oleh siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket validasi dan angket praktikalitas serta dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil pengembangan media pembelajaran menggunakan metode R&D dengan model pengembangan ADDIE dilakukan hanya sampai empat tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan tampilan), development (pembuatan dan validasi produk), dan implementation (uji coba produk); (2) Hasil penilaian uji validitas oleh ahli materi mencapai kriteria sangat valid, dengan persentase validitas sebesar 86,81%. Penilaian uji validitas oleh ahli media mencapai kriteria sangat valid, dengan persentase validitas sebesar 86,25% serta hasil uji praktikalitas siswa mencapai kriteria sangat praktis, dengan persentase praktikalitas sebesar 81,25% sehingga media yang telah dikembangkan dapat dikatakan “layak” digunakan sebagai media pembelajaran matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amam, A., & Lismayanti, L. (2020). Perangkat Project-Based Learning Berbantuan ICT: Optimalisasi Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecemasan Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 351-362. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.4160
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar, A. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Buchori, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah Kemampuan Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 104-115. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.20094
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Dewi, N. P. R., Ardana, I. M., & Sariyasa, S. (2019). Efektivitas Model ICARE Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 109-122. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1762
Polya, G. (1973). How To Solve It 2nd. New Jersey: Princeton University.
Ridwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rosdiana, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Siswa Pada Sekolah Menengah Di Kota Palopo (Studi Kasus Di 5 Sekolah Menengah Di Kota Palopo). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), 4(1), 73-82. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.253
Rosmayanti, D., & Zanthy, L. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Basic Application Powerpoint Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(6), 401-414. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i6.p401-414
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuherni., Maimunah., & Yuanita, P. (2020). Bahan Ajar Matematika Berbasis Kontekstual Pada Materi Fungsi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1293-1306. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2976

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Serlina, Rahmatudin, J., & Lusiyana, D. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Didactical Mathematics, 4(1), 230–240. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2362

Issue

Section

Articles