Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri Siso

Authors

  • Alfonsa Maria Abi STKIP Soe
  • Anita S. Lenamah
  • Urni Babys

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2334

Keywords:

Analysis; Understanding concept; Mathematical

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis adalah kemampuan menyerap dan memahami ide-ide matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri Siso. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri Siso semester genap tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 17 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengikuti Miles dan Huberman jadi uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikategorikan menjadi tiga yaitu tinggi, sedang dan rendah. Siswa pada kategori tinggi terdiri dari 4 siswa dengan rata-rata sebesar 23,52% memenuhi indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika, menerapkan ulang konsep secara algoritma, memberikan contoh atau kontra contoh dari konsep matematis, menyajikan konsep dalam berbagai representasi, mengaitkan berbagai konsep matematika secara internal dan external. Siswa pada kategori sedang terdiri dari 10 siswa dengan rata-rata sebesar 58,82% memenuhi indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari, mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika dan menerapkan ulang konsep secara algoritma. Siswa pada kategori rendah terdiri dari 3 siswa dengan rata-rata sebesar 17,64% memenuhi indikator menyatakan ulang konsep yang telah dipelajari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Effendi, K. N. S. 2017. “Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus dan Balok”. Symmetry, 2(2): 87-94.
Fitria, M. Kartasasmita, B. dan Supianti, I. I. 2019. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching”. Jurnal Prisma, 8(2): 124-134.
Hidayat, R. dan Nurrohmah. 2016. “Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Lewat Penerapan Model PembelajaranProblem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika”. JPPM, 9(1):12-19.
Khairani, B. P., dkk. 2021. “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan dan Deret”. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2): 1578-1587
Lestari, K. E, dan Yudhanegara. M. R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika Bandung: Refika Aditama.
Nadjib, A. 2014. “Analisis Kesalahan Pemahaman dalam Materi Segiempat Menurut Tingkat Berpikir Van Hiele pada Siswa SMP Negeri 1 Suppa Kabupaten Pinrang”. Jurnal papatusdu, 8(1): 14-23.
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Suherman H. E. dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.
Yani, C. F., dkk. 2019. “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung”. Pendidikan Matematika, 8(2):203-214.

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Abi, A. M., Lenamah, A. S. ., & Babys, U. . (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Negeri Siso. Didactical Mathematics, 4(2), 294–301. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2334