Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Kelas IX Semester 1 Materi Kekongruenan dan Kesebangunan Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Authors

  • Vania Ulfa Shabrina
  • Ringki Agustinsa Universitas Bengkulu
  • Teddy Alfra Siagian Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan uji kompetensi materi kekongruenan dan kesebangunan pada buku teks matematika kelas IX semester 1 terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2018 berdasarkan taksonomi bloom revisi. Taksonomi bloom yang digunakan ialah pada dimensi prosses kognitif yang terdiri dari mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian adalah soal latihan dan soal uji kompetensi materi kekongruenan dan kesebangunan kelas IX. Soal-soal latihan yang dianalisis berjumlah 78 pertanyaan dan soal uji kompetensi berjumlah 56 pertanyaan. Pada soal latihan memuat tingkat kognitif soal Mengingat (C1) sebanyak 7 pertanyaan (9%), Memahami (C2) sebanyak 29 pertanyaan  (39,3%), Mengaplikasikan (C3) sebanyak 35 pertanyaan (44,9%), Menganalisis (C4) sebanyak 7 pertanyaan (9%), serta tidak ditemukannya tingkat kognitif Mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6).Sedangkan pada soal uji kompetensi memuat tingkat kognitif soal Mengingat (C1) sebanyak 3 pertanyaan (5,3%), Memahami (C2) sebanyak 21 pertanyaan (37,1%), Mengaplikasikan (C3) sebanyak 29 pertanyaan (51,8%), dan Menganalisis (C4) sebanyak 2 pertanyaan (3,6%) serta tidak ditemukannya tingkat kognitif Mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6).

Keywords:

Buku Teks Matematika, Soal, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, Lorin W dan Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Belajar.
Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS (Eksperimen Kuasi Pada Kelas VII di SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Jurnal Logika, 18(3), 1–18.
Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika Smp. JIPMat, 2(1), 72–78.
Giani, Zulkardi, & Hiltrimartin, C. (2015). Analysis the Cognitive Level of Quentions in Math Text Book Grade Vii Based Taxonomy Bloom. 1, 1–19.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS.
Idayanti, Z., & Kurniawati, M. S. (n.d.). Perkembangan Kognitif Anak Usia 10 Tahun Keatas Menurut Pandangan Piaget. Academia.Edu.
Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.
Puryati, E. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menyelesaikan Soal Latihan Matematika Melalui Pembatasan Waktu pada Setiap Pertemuan. VI(2), 192–201.
Rikawati, N., & Agustinsa, R. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Matematika Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. 2(2), 20–30.
Sa’idah, N., Yulistianti, H. D., & Megawati, E. (2019). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking. 13(1), 41–54.
Sentosa, R. D., Maizora, S., & Agustinsa, R. (2020). Analisis soal dalam buku teks matematika smp kemendikbud revisi 2017 kelas vii materi bentuk aljabar berdasarkan taksonomi bloom revisi 1,2,3. 4(3), 315–326.
Sudijono, A. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2019). Statistika Penelitian. ALFABETA.
Sumaludin, M. M. (2018). Identitas nasional dalam buku teks pelajaran sejarah sma. I(2), 97–104.
Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI ditinjau dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 1259–1272.
Utami, S. Y., & Nurgiyantoro, B. (2003).The Quality Of Test Questions and Students Knowlage Absorptive Capacity Of Material Intensification Test For Bahasa Indonesia Nasional Exams In Junior High Schools. 52–62.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.

Downloads

Abstract Views : 680
Downloads Count: 486

Published

2022-03-04

How to Cite

Shabrina, V. U., Agustinsa, R. ., & Siagian, T. A. . (2022). Analisis Tingkat Kognitif Soal Buku Matematika Kelas IX Semester 1 Materi Kekongruenan dan Kesebangunan Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi . Didactical Mathematics, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2191

Issue

Section

Articles