Studi Literatur: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2156Abstrak
Minat siswa terhadap matematika masih rendah. Mereka beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang agak sulit sehingga matematika merupakan mata pelajaran yang kurang disukai oleh siswa. Rendahnya minat belajar tidak mendorong siswa untuk maju lebih jauh dan tidak mendorong siswa untuk antusias terhadap matematika. Penggunaan media sosial merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh penggunaan media sosial terhadap minat belajar matematika. Sumber data dikumpulkan melalui artikel atau jurnal yang terkait untuk dikaji. Metode yang digunakan yaitu studi literatur. Data direview dari semua artikel atau jurnal yang diterbitkan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap belajar matematika apabila media sosial seperti YouTube, Instagram, TikTok dan sebagainya digunakan sebagai alat atau media pembelajaran misalnya digunakan dalam pembuatan video pembelajaran dan materi ajar lainnya. Sebaliknya, penggunaan media sosial berpengaruh negatif apabila media sosial seperti YouTube, Instagram, TikTok dan sebagainya digunakan dalam hal yang kurang penting atau karena penggunaannya terlalu lama sehingga siswa kecanduan pada media sosial. Hal tersebut mengakibatkan siswa menjadi malas belajar sehingga minat belajar terhadap matematika nya rendah.Xx
Kata Kunci:
Minat Belajar Matematika, Media SosialUnduhan
Referensi
Dedyerianto, D. (2020). Pengaruh Internet dan Media Sosial terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Al-TA’DIB, 12(2), 208. https://doi.org/10.31332/atdbwv12i2.1206
Fitria Zana Kumala. (2021). Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Minat. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 7(2), 107–116. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3365
Hasan, I. (2019). Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Siswa SMAN 6 Palopo [Universitas Cokroaminoto Palopo]. https://www.academia.edu/download/59372247/IRWAN_HASAN_130441134220190523-43650-1w39g3o.pdf
Oktavia, D. N., Sutisnawati, A., & Maula, L. H. (2020). Analisis Minat Belajar Matematika Berbasis Daring. DIKDAS MATAPPA : Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, Vol, 3. No(September), 153–158. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.425-434
Praditasari, E. L., Handayanto, A., & Wulandari, D. (2019). Penggunaan Structural Equation Modeling (SEM) untuk Mengetahui Pengaruh Kebiasaan Mengakses Media Sosial terhadap Minat Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 306–309. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4858
Prayuga, Y. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d), 1052–1058. file:///C:/Users/MeLinDa/Downloads/2451-File Utama Naskah-7123-1-10-20191212.pdf
Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14
Radiusman, R. (2020). Studi literasi: pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1–8.
Setiyana, F., & Kusuma, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Youtube dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, Matematika, Dan Sains, 6(1), 71–90.
Siregar, S. (2017). Pengaruh Penggunaan media Sosial Terhadap Prestasi belajar Matematika Pada Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri Padang Bolak Julu. 8. http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/3735/1/13 330 0114.pdf
Sutrisno, E. (2019). Penerapan media sosial whatsapp untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa SMK komputasi majenang pada pembelajaran persamaan kuadrat. Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas, 154–160. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1037
Yaya, H., Gusniwati, & Buhaerah. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs YASRIB BATU-BATU PADA MASA COVID-19. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5049
Widiantika, I., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Minat Belajar Daring Matematika Siswa Komunitas Studygram Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 425-434.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Didactical Mathematics

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.