Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dasar

Authors

  • Hilman Robbany Arham Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2148

Abstract

Kemampuan pemahaman matematis siswa adalah salah satu aspek penting dalam pembelajaran matematika. Tanpa pemahaman, siswa akan sulit untuk mencerna suatu konsep matematis yang diperoleh. Adapun tujuan pada penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi pecahan dan desimal. Penelitian ini menggunakan subjek siswa kelas XI/TMI yang berjumlah 20 orang siswa. Sedangkan untuk jenis penelitiannya menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan instrument tes, wawancara dan observasi. Presentase rata-rata keterampilan dari kemampuan pemahaman matematis siswa sebesar 35%, rata-rata keterampilan ini dikategorikan rendah. Simpulan yang diperoleh pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi pecahan dan desimal masih sangat rendah.

Keywords:

Pemahaman Matematis, Analisis Kesalahan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul, P. V. (2015). Deskripsi Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Kesebangunan. Jurnal Pendidikan Matematika Fakultas Matematika Dan IPA Universitas Negeri Gorontalo, 3–4.
Alan, U. F., dan Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3890.
Arimurti, I., Praja, E. S., dan Muhtarulloh, F. (2019). Desain Modul Berbasis Model Discovery Learning untuk Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 459–470. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.459
Asih, dan Imami, A. I. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Himpunan. Maju : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8, 9–16.
Direktori, U. (2005). Hakikat Matematika dan Pembelajaran Matematika di SD. FIle UPI Edu, 4.
Hasanah, U. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas VI Terhadap Pembelajaran Tematik [UPI Kampus Purwakarta]. In Repository UPI Edu.
Hutagalung, R. (2017). Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran guided discovery berbasis budaya toba di smp negeri 1tukka. Journal of Mathematics Education and Science, 2(2), 70–77.
Jamal, F. (2014). Analisis kesulitan belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada materi peluang kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36.
Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Refika Aditama.
Mahtuum, Z. A., Nurhayati, A., Hidayat, W., dan Rohaeti, E. E. (2020). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa kelas vii smp budi luhur pada materi perbandingan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p137-144
Mulyani, A., Indah, E. K. N., dan Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24
Nuraeni, Y., dan Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 85–94.
Nurhayati, Y. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD). Skripsi STKIP Garut.
Putri, N. R., Nursyahban, E. A., Kadarisma, G., dan Rohaeti, E. E. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematik siswa smp pada materi segitiga dan segiempat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3, 157–170. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228
Rahayu, Y., dan Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cibadak. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3.
Suherman. (2003). Refleksi Pendidikan di Indonesia. Educare, II(1), 52–57.
Suraji, Maimunah, dan Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Suska Journal of Mathematics Education, 4, 9–16.
Wafa, U. M. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa smpit nur hikmah. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 9.
Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., dan Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076
Yanti, R. N., Melati, A. S., dan Zanty, I. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. 3(1), 209–219.

Downloads

Abstract Views : 219
Downloads Count: 971

Published

2022-10-01

How to Cite

Robbany Arham, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Dasar. Didactical Mathematics, 4(2), 314–322. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2148