Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Relasi dan Fungsi

Authors

  • Meilinda Salaswati UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2146

Abstract

Kemampuan penalaran matematis memiliki peran penting untuk membantu siswa dalam menyelesaikan sebuah permasalahan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan [enalaran matematis siswa dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa dan diambil 3 siswa secara acak kelas VIII SMP di salah satu Kabupaten Karawang. Dalam memperoleh data penelitian digunakan instrujmen berupa tes tertulis, wawancara dan observasi. Hasil penelitian didapat kesimpulan kemampuan penalaran matematis terbagi menjadi tinggi, sedang dan rendah. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran tinggi mampu hampir memenuhi seluruh indikator. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis sedang sebagian memenuhi indikator. Siswa yang memiliki kemampuan penalaran matematis rendah sebagian besar kurang memenuhi indikator.

Mathematical reasoning ability has an important role to help students in solving a math problem. This study aims to describe students’ mathematical reasoning abilities in solving problems of relation and function material, this study were 28 students were taken randomly in class VIII SMP in one of the districts of Karawang. In obtaining research data used instruments in the form of written tests, interviews and observations. The results of the study concluded that mathematical reasoning abilities were divided into high, medium and low. Students who have high reasoning ability are able to fulfil almost all indicators. Students who have moderate mathematical reasoning abilities partially meet the indicators. Most of the students who have low mathematical reasoning abilities do not meet the indicators.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 226
Downloads Count: 255

Published

2022-05-25

How to Cite

Meilinda Salaswati. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Relasi dan Fungsi. Didactical Mathematics, 4(2), 302–313. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.2146