Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII A pada Materi Perbandingan di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta

Authors

  • Kintoko
  • Hendrianus

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1811

Keywords:

Analysis, Mathematical Problem Solving, Comparison

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII A pada materi perbandingan di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP BOPKRI 5 Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data berupa tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis, wawancara dan dokumentasi. Seluruh data kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil pembahasan menunjukkan subjek dengan kategori tinggi mampu menyelesaikan pemecahan masalah dari tiap tahapan pemecahan masalah dengan benar. Subjek dengan kategori sedang dalam menyelesaikan masalah, mampu menyelesaikan pemecahan masalah soal dan memenuhi semua indikator, namun dalam tahapan pengecekan kembali masih kurang yaitu membuat kesimpulan yang kurang sistematis dalam penyelesaiannya. Subjek dengan kategori rendah belum mampu menyelesaikan masalah pada soal yang diberikan sehingga belum memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Implikasi dari penelitian adalah diharapkan guru mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis sehingga siswa mampu memecahkan masalah matematis dengan baik dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori dan Riset Matematika.
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Arikunto, S. (2019). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, S., & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika.
Hasanah, O. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Perbandingan Siswa Kalas VII SMP Negeri 1 Kutasari. Skripsi.
Hermaini, J. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Minat Belajar. Skripsi.
Holdin. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelompok Matematika Ilmu Alam (MIA) dan Ilmu-ilmu Sosial (IIS) Kelas XI MAN 1 Bandar Lampung Ditinjau Dari Minat Belajar Matematika. Skripsi .
J.Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Karlina, N. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournamnet (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Jetis. Skripsi.
Kurnia Eka Lestari, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Lestanti, M. M. (2015). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning. Skripsi.
Lidinillah, D. A. (2006). Heuristik Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dan Pembelajarannya di Sekolah Dasar.
Lubis, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Examples non Examples Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa di Kelas VII MTs. S.Hubbul Wathan Modal Bangsa. Skripsi.
Marasabessy, R. (2020). Kajian Kemampuan Self Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Riset Teknologi dan Inovatif Pendidikan .
Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2-3.
Polya, G. (1995). How to Solve It. A new Aspect of Mathematical Method (Second Edition). New Jersey: Pricenton University Press.
Rahma, N. (2017). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi.
Rohmawati, D. P. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi, 20- 21.
Sugiyono. (2014). MEMAHAMI PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: ALFABETA.
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 1–2.
Tarigan, D. E. (2012). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah- langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Bagi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Surakarta di Tinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa. Tesis, 10-15.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Kintoko, & Hendrianus. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII A pada Materi Perbandingan di SMP BOPKRI 5 Yogyakarta . Didactical Mathematics, 3(2), 92–99. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1811