Penggunaan Bahan Ajar Powerpoint Online dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan HOTS Siswa

Authors

  • Puji Hartati SMA Negeri 1 Bengkulu Tengah
  • Eka Saputra

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1610

Abstract

Pemberlakuan pembelajaran jarak jauh di SMA/MA khsususya Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki berbagai kendala. Salah satunya masih minimnya ketersediaan bahan ajar yang dapat menunjang siswa belajar secara mandiri maupun terbimbing secara daring. Selain itu, tuntutan mutu yang ditetapkan pemerintah harus dicapai melalui proses pembelajaran. Sehingga selain materi yang mudah dipahami oleh siswa juga harus dapat menumbuhkembangkan kemampuan berpikir siswa salah satunya higher order thinking skills. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan empat tahapan, yaitu: (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini siswa kela X.1 SMA Negeri Bengkulu Tengah yaitu sebanyak 24 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur higher order thinking skills siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  higher order thinking skills siswa meningkat pada setiap siklus dimana nilai rata-rata III>siklus II >siklus dengan rata-rata di atas KKM. Peningkatan ditunjukkan dari rata-rata HOTS siswa sebesar 32,71 pada pra siklus menjadi 48,12 pada siklus I, sebesar 67,50 pada siklus II, dan 74,50 pada siklus III. Ketuntasan klasikal mencapai 74,50% pada akhir siklus.Peningkatan dilakukan dengan penekanan pada tagihan tugas, soal latihan HOTS, dan pembentuk grup belajar online.

Keywords:

Higher order thingking; Bahan ajar powerpoint; Penelitian tindakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Ratna, S. P. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psychology and Counseling, Vol 2 No 1.
Mendikbud. (2014). Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.
Brookhart, S. 2010. How to assess higher order thinking skills in your classroom. Alexandria: ASCD.
Conklin, W. (2012). Higher order thinking skills to develop 21st century learners. Huntington Beach, CA: Shell Education Publishing,Inc.
King, F., Goodson, L., & Rohani, F. (2010). Higher order thinking skills: definition, teaching strategies, assessment. Educational Services Program.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Susanto, E., & Retnawati, H. (2016). Perangkat pembelajaran matematika bercirikan pbl untuk mengembangkan HOTS siswa SMA. Jurnal Riset Pendidikan Matematika,3(2),189-197.
Susanto, Susanta, & Rusdi. (2020). Peningkatan kepercayaan diri mahasiswa dalam pembelajaran statistika dasar melalui problem based-learning. Jurnal THEOREMS, 4(2), 179-184.

Downloads

Abstract Views : 215
Downloads Count: 155

Published

2021-10-31

How to Cite

Puji Hartati, & Saputra, E. . (2021). Penggunaan Bahan Ajar Powerpoint Online dalam Menunjang Pembelajaran Jarak Jauh untuk Meningkatkan HOTS Siswa. Didactical Mathematics, 3(2), 75–83. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1610