Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Alat Peraga dan Contoh Konkrit

Authors

  • Swiing Lya Indarti SDN 2 Ngraho Kedungtuban Blora Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1515

Keywords:

Pembelajaran; Matematika; Bangun Ruang; Alat Peraga; Contoh Konkrit.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran matematika materi bangun ruang melalui alat peraga dan contoh konkrit pada siswa kelas II A SDN 2 Ngraho Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2020/ 2021. Bentuk penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas SDN 2 Ngraho Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui alat peraga dan contoh konkrit dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi bangun ruang hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai matematika yaitu pada prasiklus nilai rata-rata siswa sebesar 51, kemudian pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 63, dan siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 73. Persentase ketuntasan klasikal pada prasiklus 30,8% atau hanya 8 siswa yang tuntas, sedangkan 18 sisa atau 69,2% belum tuntas dengan KKM 65. Pada siklus I persentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 61,5% atau 16 siswa yang tuntas, sedangkan 38,5% atau 10 siswa belum tuntas. Pada siklus II meningkat lagi menjadi 88,5%atau 23 siswa yang tuntas, sedangkan 11,5% atau 3 siswa belum tuntas. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui alat peraga dan contoh konkrit dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi pemahaman bangun ruang pada siswa kelas II A SDN 2 Ngraho Kedungtuban Blora tahun pelajaran 2020/2021.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Darmuki, Agus. (2014). Pengintegrasian Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa dalam Pengajaran Matakuliah Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi IKIP PGRI Bojonegoro.Seminar Nasional AJPBSI. Vol. 3(1), 79-82.
Darmuki, Agus. (2013). Pembelajaran Menulis Puisi dalam Pembentukan karakter Berdasarkan Kurikulum 2013.Seminar Nasional Inovasi PBSI dalam Kurikulum 2013. Vol. 1, 34-40.
Darmuki, Agus. (2020).Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Educatio FKIP UNMA, Vol 6(2),655-661.
Darmuki, A. & Ahmad Hariyadi.(2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jucama Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pidato Di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro.Kredo. 3(1), 62-72.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi. (2019). Peningkatan Keterampilan Pidato Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw pada Mahasiswa PBSI Tingkat IB IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019.Kredo.2(2), 256-267.
Darmuki, A. & Hidayati N.A. (2019). An Investigation of The Cooperative Learning Using Audio Visual Media in Speaking Skill Subject. ICSTI.121-126.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2019). Developing Beach Ball Group Investigations Cooperative. International ConferencesSeword Fresh, 1-7.
Darmuki, A. & Hidayati, N.A. (2019). Peningkatan Kemampuan Pidato Menggunakan Metode Kooperatif Tipe NHT pada Mahasiswa Tingkat I-A Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2018/2019. Jurnal Pendidikan Edutama. Vol. 6(2), hlm 9-18.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Cooperative, Synectics, and CTL Learning Models Toward Speaking Ability Viewd from Students Motivation.Proceeding International Conference on Intellectuals’Global Responsibility (ASSEHR). Vol. 125, 75-79.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2017). Evaluating Information-Processing-Based Learning Cooperative Model on Speaking Skill Course. Journal of Language Teaching and Reasearch. 8(1) pp. 44-51.
Darmuki, A., Andayani, Joko Nurkamto, Kundharu Saddhono. (2018). The Development and Evaluation of Speaking Learning Model by Cooperative Approach. International Journal of Instruction. 11(2), 115-128.
Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2020). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Keterampilan Pidato Menggunakan Metode Mind Map pada Mahasiswa Kelas IA PBSI IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Akademik 2019/2020. Kredo.3 (2), 263-276.
Darmuki, A., Hariyadi, A., & Hidayati, N. A. (2021).Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Menggunakan Media Video Faststone di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 389-397.
Hariyadi, A., Agus Darmuki. (2019). Prestasi dan Motivasi Belajar dengan Konsep Diri.Prosiding Seminar Nasional Penguatan Muatan Lokal Bahasa Daerah sebagai Pondasi Pendidikan Karakter Generasi Milenial. PGSD UMK 2019, 280-286.
Hariyadi, Ahmad. 2018. User Of Smart Ladder Snanke Media to Improve Stundent Learning Outcomes Of IV Grade Students of State Elementary School I Doropayung Pancur Rembang. Refleksi Edukatika. Vol. 9 (1), 107-111.
Hidayati, N. A., & Darmuki, A. (2021). Penerapan Model Auditory Intellectually Repetition (AIR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mahasiswa . Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 252-259.
Hidayati, Nur A., Herman J. W., Retno W., Suyitno. (2019). Meanings and Values of Local Wisdom in Sura Salvation Ceremony of Samin Jepang Community, Indonesia for Audio Visual Technology-Based Learning.EUDL. DOI:10.4108/eai.19-10-2018.2282549.
Hidayati, N. A. (2014). Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Pembelajaran Bendera Pelangi Pada Siswa Kelas VIIID Semester Genap SMP Negeri 1 Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2013 / 2014.Magistra, 8(-), 27-36.
Huda, Miftahul. (2014). Model – model Pembelajaran dan pengajaran. Yogjakarta: Pustaka Belajar.
Joyce B., Marsha Weil, dan Emily Calhoun (2018). Model of Teaching, Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro.(2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPEE.
Supena, I., Darmuki, A., & Hariyadi, A. (2021).The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes.International Journal of Instruction, 14(3), 873-892. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14351a.
Tarigan, H.G. (2018). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2021-10-03

How to Cite

Indarti, S. L. . (2021). Peningkatan Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Alat Peraga dan Contoh Konkrit. Didactical Mathematics, 3(2), 41–48. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1515