Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Authors

  • Antonius KAP Simbolon Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1514

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dan metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMP Negeri 2 Tanjung Morawa. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga kelas yaitu kelas IX1 dan IX 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX3 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal. Analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dengan Anova dan uji komparasi ganda. Dari hasil perhitungan analisis data menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis.

Keywords:

Treffinger, Props, Problem-Solving.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aji, W., & Fatma, D. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.
Darma, I. K., & Karma, I. G. M. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi. 3, 13.
Dian, H., Hascaryo, & Barokah. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19’. Jurnal Sinestesia, 10(01).
Kertayasa, K. (2015). Indonesia PISA center, WNA: Mathematic web for PISA. Diakses Di http://www.Indonesiapisacenter.com/2014/03/Tentangwebsite.html.
Kesumawati, N. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri). Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 30–44.
Maesaroh, S. (1970). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://Doi.Org/10.24090/Jk.V1i1.536
Murdiana, I. N. (2015). Pembelajaran Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika, 4(1), 1–11.
Nurjannah, H., & Saputro, A. (2020). The Application Of The Treffinger Learning Model In Learning Geography. 19(1), 15.
Onyema, E. M., Obafemi, F., Sen, S., & Sharma, A. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, May. https://doi.org/10.7176/jep/11-13-12
Permata, L. D., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2018). Mathematical problem solving skills analysis about word problems of linear program using IDEAL problem solver. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012025
Putra, R. W. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Accelerated Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Adaptif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 211–220.

Sahrudin, A. (2014). Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 1–12.
Santos, M. L. K. P., Belecina, R. R., & Diaz, R. V. (2015). Mathematical Modeling: Effects on Problem Solving Performance and Math Anxiety of Students. International Letters of Social and Humanistic Sciences, 65(2013), 103–115. https://doi.org/10.18052/www.scipress.com/ilshs.65.103
Subarianto, S., Ikhsan, M., & Munzir, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Representasi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 7(1), 127–135.
Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. 12(4), 18.
Wildaniati, Y. (2019). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd N 2 Gunung Katun Kecamatan Baradatu. Jurnal Dewantara, 7(01), 56–72.
Yulinsa, H., Putra, R. W. Y., & Farida, F. (2021). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Berbantu Bahan Ajar Alqurun (Improving The Understanding Of Mathematic Concepts Through The Application Of Treffinger Learning Model Assisted With Alqurun Teaching Materials). Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 21(2), 177. https://Doi.Org/10.22373/Jid.V21i2.6640.
Zhang, F., Wang, Y., & Liu, W. (n.d.). Science and Technology Resource Allocation, Spatial Association, and Regional Innovation. https://doi.org/10.3390/su12020694.

Downloads

Abstract Views : 368
Downloads Count: 302

Published

2021-10-02

How to Cite

Simbolon, A. K. . (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Didactical Mathematics, 3(2), 20–28. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1514