Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Pendamping Matematika Kelas VIII Semester 1 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi

Authors

  • Rheca Nurahma Universitas Bengkulu
  • Agus Susanta
  • Edi Susanto

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1511

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif pada soal uji kompetensi bab pola bilangan, bab koordinat kartesius, dan bab relasi dan fungsi pada buku pendamping matematika terbitan CV Pustaka Bengawan kelas VIII semester 1 berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom Revisi yang digunakan, yaitu dimensi proses kognitif yang meliputi: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Soal uji kompetensi bab pola bilangan berjumlah 53 soal, soal uji kompetensi bab koordinat kartesius berjumlah 20 soal, dan soal uji kompetensi bab relasi dan fungsi berjumlah 17 soal. Soal uji kompetensi bab pola bilangan memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 11 soal (20,75%) dan mengaplikasikan (C3) sebanyak 42 soal (79,25%), serta tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Soal uji kompetensi bab koordinat kartesius memiliki tingkat kognitif mengingat (C1) sebanyak 7 soal (35%), memahami (C2) sebanyak 12 soal (60%), dan mengaplikasikan (C3) sebanyak 1 soal (5%), serta tidak memuat tingkat kognitif menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sedangkan, soal uji kompetensi bab relasi dan fungsi memiliki tingkat kognitif mengingat (C1) sebanyak 4 soal (23,53%), memahami (C2) sebanyak 5 soal (29,41%), dan mengaplikasikan (C3) sebanyak 8 soal (47,06%), serta tidak memuat tingkat kognitif menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6).

Keywords:

Soal Uji Kompetensi, Buku Pendamping Matematika, Tingkat Kognitif, Taksonomi Bloom Revisi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Terjemahan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
BSNP. (2014). Deskripsi Butir Instrumen 1 Penilaian Buku Teks Pelajaran Matematika Kelompok Peminatan Tingkat Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah
Damayanti, A. I., Nugraheni, P., & Darmono, P. B. (2020). Analisis Ranah Kognitif Siswa SMP pada Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FKIP UMP. 440-447.
Fadhilatanni, I. (2020). Analisis Penggunaan Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Kelas X dalam Perspektif Kebijakan Perbukuan. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 109-116
Fauziyyah, Hanna N. (2020). Analisis Soal-Soal Buku Ajar Matematika Kelas VIII Ditinjau dari Revisi Taksonomi Bloom. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Misbahuddin, & Hasan, I. (2014). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Paicasari, N. N. Y., Sarjana, K., Kurniawan, E., & Azmi, S. (2021) Analisis Soal Uji Kompetensi pada Buku Paket Matematika Siswa Kurikulum 2013 Untuk SMP/MTs Kelas VII Semester 1 Ditinjau dari Taksonomi Bloom. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 99-105.
Sa’idah, N., Yulistianti, H. D., & Megawati, E. (2019). Analisis Instrumen Tes Higher Order Thinking Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 41-54.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanta, A., Susanto, E., Maizora, S., & Rusdi. (2021). Analisis Kemampuan Peserta didik SMP/MTS Kota Bengkulu dalam Menyelesaikan Soal Matematika TIMSS. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(2), 131-139.
Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Peserta didik Kelas XI Ditinjau dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1259-1272.
Tsani, D. F. (2018). Analisis Soal-Soal pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun 2014 kelas XI Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 33-40.
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 534-540.

Downloads

Abstract Views : 787
Downloads Count: 471

Published

2021-09-22

How to Cite

Nurahma, R., Susanta, A. ., & Susanto, . E. . (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Pendamping Matematika Kelas VIII Semester 1 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Didactical Mathematics, 3(2), 29–40. https://doi.org/10.31949/dm.v3i2.1511