Studi Etnomatematika: Mengungkap Konsep Matematika pada Kerajinan Anyaman Bambu di Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya

Authors

  • Dedi Nurjamil
  • Dedi Muhtadi
  • Ai Habibah

DOI:

https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1444

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui konsep matematika yang terkandung dalam aktivitas masyarakat pada proses pembuatan anyaman bambu. (2) Filosofi yang terkandung pada anyaman bambu di Kampung Saungjaya Kecamatan Cigalontang Kelurahan Sirnaraja Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan etnografi.  Data dalam penelitian ini diambil dari beberapa pengrajin anyaman atau orang yang dianggap ahli dibidang menganyam. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat konsep barisan aritmatika, konsep perkalian, penjumlahan dan diagonal persegi pada aktivitas pembuatan anyaman nyiru, hihid, aseupan, boboko dan bilik. Dan juga terdapat filosofi yakni pada bulatan anyaman nyiru, aseupan, dan boboko, yaitu tekad kudu buleud (hidup harus mempunyai tekad yang kuat),  pada anyaman boboko dan hihid, yaitu hirup uramg kudu masagi (pengkuh agamana, luhung elmuna, jembar budayana jeung rancage gawena) dapat diartikan bahwa sebagai manusia harus taat dalam beribadah, menguasai ilmu pengetahuan, memiliki jati diri yang teguh memegang budaya dan kreatif dalam bekerja.

Keywords:

Etnomatematika, konsep matematika, anyaman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, Chaedar. (2014). Filsafat Bahasa Dan Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Ascher, M & Ascher, R (1997). Ethnomathematics. Dalam A.B. Powell & M. Frannkenstein (Penyunting), Ethomathematics Challenging Eurocentrism in Mathematics Education (hlm 25-50). Albany: State Universuty of New York.
Barta J and Shockey T (2006). The mathematical ways of an Aboriginal people: The Northern Ute Journal of Mathematics and Culture 1 (1) p. 79
Bishop, A. J (1997). The Rellationship Between Mathematics Education and Culture. In Opening address Delivered of Iranian Mathematics Education Conference. Kermannshah, Iran.
Balamurugan (2015). Ethnomathematics: An approach for learning mathematics from multicultural perspectives Internasional Journal of Modern Reseach and Review 3 (6) p. 176.
D’Ambrosio, U. (2006). Ethnomathematics link between traditions and modernity. Rotterdam, The Nederlands: Sense Publisher 943 [e-book]
Darmayanti, T. E. (2016). The Ancestral Heritage: Sundanese Traditional Houses Of Kampung Naga, West Java, Indonesia. MATEC Web of Conferences. 66 (6). DOI: 10.1051/matecconf/20166600108 [e-journal]
Erman dan Tumudzi. (1993). Perekenalam dengan Teori Bilangan. Bandung: Wijayakusumah.
Gerdes, P.(1996). Ethnomathematics and Mathemathics Education. Dalam International Handbook of Mathematical for Education (hlm 909-943) Dordrecht: Kluwer Academic Publiser
Garha, Oho, (1990). Berbagai Motif Anyaman. Bandung: Angkasa: p. 3
Karmilah, N.., & Juandi, D. (2013). Studi Etnomatematics: Pengungkapan Sistem Bilangan Masyarakat Adat Baduy. Jurnal Online Pendidikan Matematika Kontemporer, 1(1).
Marselina Bita Sherly. (2017). Makna dan Filosofi Tata Rias dan Busana Pengantin Putri Sekar Salekso Kota Magelang Jawa Tengah. Semarang.
Moleong, Lexy. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Muhtadi, D., Sukirman, Warsito & Prahmana, R. C. I. (2017). Sundanese Ethnomathematics: Mathematical Activities In Estimating, Measuring, And Making Patterns. Journal on Mathematics Education Volume 8, No. 2, July 2017, pp. 185-198 DOI: https://dx.doi.org/10.22342/jme.8.2.4055.185-198
Muhtadi, D., & Sukirwan, (2019). Ethnomatematics on Sundanese Belief Symbol. Internasional Journal of Innovation Volume 10, Issue 2
Mutmainah, S. & Ahmad, E. S. A (2017). Pengembangan Buku Ajar Kriya Anyam untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Seni Rupa, Seminar Nasional dan Desain.
Muzdalifah I, & Yulianto, E (2015). Development of Teaching Mathematics Based Culture Activities and Traditional Games For Elementary Students in Indigenous of Kampung Naga. Jurnal Siliwangi Volume 1, No.1. Mei 2015
Prabawati, M.N (2016) .Etnomatematika Masyarakat Pengrajin Anyaman Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Infinity Journal, 5(1), 25-31.
Puspadewi, K.H, & Putra, I. G. N (2014) .Etnomatematika di Balik Kerajinan Anyaman Bali. Jurnal Matematika Volume 4, No. 2, Desember 2014 ISSN: 1693-1394
Rosa, M. & Orey, D.C., (2013). Ethnomodeling as a Research Theoretical Framework on Ethnomathematics and Mathematical Modeling. Journal of Urban Mathematics Education, 6(2), 62–80 tersedia online
Hermanto R, Wahyudin & Nurlaelah. E, (2019). Eksplorasi Etnomatematik pada Masyarakat Adat Kampung Naga. Jornal of Physics: Conf 1315 (2019) 012072
Septianawati T, Turmudi, & Entit Puspita. (2016). Stusy Ethnomatematics: Mengungkap Ide-Ide Matematis pada Anyaman Masyarakat Kampung Naga. Prosiding Snips ISBN: 978-602-61045-0-2, 21-22 Juli 2016
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suhendroyono. (2014). Implementasi Filosofi Pendidikan Nasional Tut Wuri Handayani dalam Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Stipram Yogyakarta. Volume 8. Nomor 2 mei 2014:1-14
Titus, H. H. (1997). Persoalan-persoalan Filsafat, t.k: Bulan Bintang,

Downloads

Abstract Views : 904
Downloads Count: 730

Published

2021-04-13

How to Cite

Nurjamil, D., Muhtadi, D. ., & Habibah, A. . (2021). Studi Etnomatematika: Mengungkap Konsep Matematika pada Kerajinan Anyaman Bambu di Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Didactical Mathematics, 3(1), 64–81. https://doi.org/10.31949/dm.v3i1.1444

Issue

Section

Articles